kumparan
11 Februari 2019 12:05

Dengan Wajah Barunya, Sixers Hancurkan Lakers

Sixers, Lakers
Joel Embiid beraksi di pertandingan menghadapi Lakers. Foto: USA Today/Reuters/Bill Streicher
Pada akhirnya, sampai bursa trade NBA ditutup 7 Februari lalu, Anthony Davis tidak ke mana-mana. Pemain berjuluk The Brows ― karena alisnya yang memang tiada dua ― tersebut itu bahkan sudah bermain kembali untuk timnya, New Orleans Pelicans, dalam dua pertandingan termutakhir menghadapi Minnesota Timberwolves dan Memphis Grizzlies.
ADVERTISEMENT
Bukan Davis akhirnya yang membuat gempar di bursa trade NBA, melainkan tim papan atas Wilayah Timur, Philadelphia 76ers. Juara NBA tiga kali itu sukses mendatangkan forward Los Angeles Clippers, Tobias Harris, dalam kesepakatan yang melibatkan lima pemain lain.
Kedatangan Harris yang memiliki rata-rata 20,9 poin per gim musim ini membuat nama Sixers melambung di konstelasi perburuan gelar juara. Tak cuma gelar juara wilayah, melainkan gelar juara NBA. Sebagai bukti awal, dua laga pertama Harris bersama Sixers dilewati dengan kemenangan.
Pertandingan pertama Harris bersama Sixers sudah digelar pada Sabtu (9/2/2019) lalu menghadapi Denver Nuggets. Sixers menang tipis 117-110 pada pertandingan tersebut. Lalu, pada Senin (11/2), tren kemenangan berhasil dilanjutkan anak-anak asuh Brett Brown kala menggulung Los Angeles Lakers di Wells Fargo Center, Philadelphia.
ADVERTISEMENT
Tak tanggung-tanggung, pada pertandingan melawan Lakers itu Sixers berhasil menang dengan skor yang cukup mencolok: 143-120. Harris punya peran yang tidak kecil lewat sumbangsih 22 poinnya. Ini membuat pemain 26 tahun tersebut jadi pencatat poin terbanyak kedua Sixers setelah Joel Embiid yang mengoleksi 37 angka.
Embiid, James
Joel Embiid dan LeBron James. Foto: USA Today/Reuters/Bill Streicher
Pertandingan ini sebenarnya berjalan ketat di awal. Bahkan, Lakers berhasil mengungguli Sixers pada masa itu. Kyle Kuzma ― yang pada laga ini jadi penoreh poin terbanyak dengan 39 angka ― menggila pada kuarter pertama dengan menceploskan 22 poin. Perolehan poin Kuzma itu berperan besar dalam membawa Lakers unggul 40-39 pada kuarter pertama.
Akan tetapi, praktis hanya sampai di situ perlawanan Lakers. Pada tiga kuarter berikutnya baru bisa terlihat bahwa skuat Sixers pada dasarnya lebih matang. Embiid cs. jarang membuat kesalahan ― hanya 7 turnover yang mereka buat, berbanding 16 milik Lakers ― dan tentu saja lebih efektif dalam mengonversi peluang.
ADVERTISEMENT
Di akhir laga, tercatat Sixers mampu mencatatkan persentase field goals 58% (Lakers 52%) dan lemparan bebas 86% (Lakers 74%). Tak cuma itu, kemampuan bertahan Sixers juga begitu mumpuni, terbukti dengan keberhasilan mereka mencatatkan 10 steal dan 35 defensive rebound. Inilah mengapa, total upaya Lakers via field goals berhasil diredam hanya sampai ke angka 93, sementara Sixers berhasil membukukan 97 percobaan.
Adapun, hasil ini sendiri belum mengubah posisi kedua tim di klasemen. Sixers tetap di posisi empat Wilayah Timur dengan rekor 36-20, Lakers tetap di urutan sepuluh Wilayah Barat dengan rekor 28-28. Selanjutnya, Lakers akan bertamu ke markas Atlanta Hawks, sedangkan Sixers bakal melakoni laga akbar melawan Boston Celtics.
Durant Pimpin Warriors Padamkan Heat
ADVERTISEMENT
Dari Oracle Arena di Oakland, tuan rumah Golden State Warriors memulai pertandingan melawan Miami Heat dengan memberi penghormatan kepada Dwyane Wade. Para suporter Warriors memberi aplaus kepada Wade yang menjalani musim terakhirnya di NBA.
Warriors, Heat
Draymond Green berusaha mempertahankan bola untuk Golden State Warriors. Foto: USA Today/Reuters/Kelley L. Cox
Seperti mendapat suntikan tenaga ekstra, Heat tampil mengejutkan pada kuarter pertama dengan mencetak 10 poin lebih banyak dari Warriors. Namun, pada kuarter kedua dan ketiga Warriors mampu berbalik unggul jauh, sehingga perlawanan hebat di kuarter pemungkas tak mampu menyelamatkan Heat dari kekalahan.
Heat boleh kalah, tetapi pemain mereka, Josh Richardson, tampil brilian dengan mencetak 37 poin. Richardson pun jadi pencatat angka terbanyak kdua pada laga ini setelah Kevin Durant yang mencetak 39 poin. Wade sendiri pada pertandingan ini membukukan 10 poin, 6 rebound, dan 9 assist.
ADVERTISEMENT
Warriors sendiri, berkat kemenangan ini, kian kokoh di puncak klasemen Wilayah Barat dengan rekor 40-15. Sedangkan, Heat beruntung karena kekalahan ini tak membuat mereka tergusur dari zona playoff Wilayah Timur, tepatnya di urutan kedelapan.
Berikut hasil lengkap NBA hari ini:
Dallas Mavericks 102-101 Portland Trail Blazers
Philadelphia 76ers 143-120 Los Angeles Lakers
Sacramento Kings 117-104 Phoenix Suns
Atlanta Hawks 108-124 Orlando Magic
Golden State Warriors 120-118 Miami Heat
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan