French Open: Jonatan Christie Kunci Juara Usai Bungkam Wakil China!

29 Oktober 2023 22:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
2
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Atlet bulu tangkis dari Indonesia, Jonatan Christie merayakan kemenangannya usai melawan Kenta Nishimoto dari Jepang pada pertandingan final tunggal putra turnamen bulu tangkis Hong Kong Terbuka di Hong Kong pada 17 September 2023. Foto: Peter Parks / AFP
zoom-in-whitePerbesar
Atlet bulu tangkis dari Indonesia, Jonatan Christie merayakan kemenangannya usai melawan Kenta Nishimoto dari Jepang pada pertandingan final tunggal putra turnamen bulu tangkis Hong Kong Terbuka di Hong Kong pada 17 September 2023. Foto: Peter Parks / AFP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Jonatan Christie mengalahkan Li Shi Feng asal China dalam partai final French Open 2023 di Glaz Arena, Prancis, pada Minggu (29/10) malam WIB. Tunggal putra RI itu sukses mengamankan titel juara. Ada momen wakil China menerima kartu kuning di partai ini.
ADVERTISEMENT
Sejak awal, Jonatan sudah mendapat perlawanan sengit dari Li. Wakil RI itu memang bisa mencuri poin perdana di gim pertama, tetapi lalu tertinggal 1-5. Tunggal China memiliki strategi apik, tanpa neko-neko menempatkan pukulan keras di spot yang sulit dijangkau Jonatan. Skor 7-11 di interval.
Kecendurangannya, Li ingin cepat-cepat menghabisi Jonatan dengan kerap melepas smash setiap mendapat bola tinggi. Lantas, Jonatan berusaha mengarahkan pukulannya ke dekat net atau pukulan lambung ke jarak yang tak ideal bagi Li men-smash. Cukup efektif, tetapi tidak cukup menghindarkan Jonatan dari kekalahan 16-21.
Tunggal putra China Li Shi Feng pada partai final All England di Utilita Arena, Birmingham, Inggris. Foto: Andrew Boyers/REUTERS
Pada gim kedua, Jonatan Christie lebih berani keluar menyerang. Ia sempat unggul 3-1, 4-2, 6-4, 7-5, lalu terkejar 7-9. Li bisa mengantisipasi strategi Jonatan. Skor 9-11 di interval.
ADVERTISEMENT
Jelang pertandingan dimulai lagi selepas interval, Li diberi kartu kuning oleh wasit. Ia tidak segera kembali ke lapangan saat wasit telah berteriak "20 detik" karena terlalu lama mengikat tali sepatu, sehingga dianggap mengulur waktu.
Dengan cepat, Jonatan mengubah skor jadi 11-11 berkat satu smash depan netnya dan pukulan Li yang keluar. Setelahnya, ia melancarkan serangan-serangan efektif, Jonatan menang 21-15.
Pertarungan lebih ketat terjadi di gim ketiga, Jonatan dan Li saling kejar-kejaran poin. Jonatan unggul 11-10 di interval. Strategi Jonatan berjalan baik, lalu unggul 15-11. Pertandingan sempat terhenti di skor itu karena Li harus mendapat perawatan akibat ankle kakinya terkilir usai coba mengejar pukulan lob Jonatan.
Setelahnya, laga dilanjutkan, Jonatan tetap di atas angin dan menang 21-14. Ini merupakan final turnamen BWF keempat yang dilakoni Jonatan pada 2023. Sebelumnya, pebulu tangkis 26 tahun itu menjuarai Indonesia Masters dan Hong Kong Open, juga menjadi runner up Japan Open.
ADVERTISEMENT