kumparan

GP Italia: Lorenzo Rebut Podium Puncak, Marquez Terpuruk

Jorge Lorenzo
Lorenzo di GP Italia 2018 (Foto: REUTERS/Alessandro Bianchi)
Sirkuit Mugello membuktikan bahwa era Jorge Lorenzo belum tamat. Berpacu di seri keenam kompetisi MotoGP 2018, pada Minggu (3/6/2018) pukul 19:00 WIB, pebalap asal Spanyol ini berhasil menjadi pebalap tercepat.
ADVERTISEMENT
Jalannya balapan sendiri penuh dengan drama sejak lepas dari garis start. Valentino Rossi yang memulai balapan di baris terdepan, harus merelakan Lorenzo mencuri tempatnya hanya dalam waktu satu detik. Di belakang keduanya mengekor Marc Marquez, Andrea Iannone, dan Andrea Dovizioso.
Drama menimpa Marquez di lap kelima di T-10. Ia tergelincir dan keluar lintasan untuk beberapa saat. Beruntung, tak ada cedera dan masalah berarti sehingga ia bisa kembali memulai balapan. Memasuki lap ketiga, posisi tiga besar kembali mengalami perubahan.
Iannone melesat dan menggeser posisi tiga yang tadinya menjadi milik Rossi di lap keempat. Aksi pebalap Suzuki Ecstar itu tak berhenti sampai di posisi tiga. Di lap yang sama, ia masih berusaha untuk merebut posisi kedua yang ditempat Dovizioso. Sayangnya, pebalap Ducati itu masih terlalu tangguh untuk dilampaui oleh Iannone.
ADVERTISEMENT
Perubahan tiga besar kembali terjadi saat balapan memasuki lap 9. Danillo Petrucci secara mengejutkan berhasil menggeser Iannone yang nyaman di posisi ketiga. Rossi dan Alex Rins memanfaatkan momentum ini dengan cerdik. Keduanya berhasil menggeser Iannone hingga ke urutan enam.
Hanya karena Rins terbilang masih junior, bukan berarti ia mati kutu menghadapi balapan di Sirkuit Mugello. Menjejak ke lap 12, kompatriot Iannone itu berhasil menggusur Rossi ke posisi lima. Terjadi perubahan beberapa lap kemudian. Keberhasilan menyalip Petrucci dan Rins membuatnya naik ke urutan tiga.
Hingga enam putaran terakhir, Marquez masih terpuruk di peringkat 17. Posisinya bahkan masih lebih buruk daripada rookie MotoGP musim ini, Franco Morbidelli yang ada di peringkat 16. Memasuki dua putaran terakhir, Marquez baru berhasil naik satu setrip ke posisi 16, itu pun tetap belum mampu menyingkirkan Morbidelli yang tetap mengasapinya.
ADVERTISEMENT
Dominasi Lorenzo di Mugello tahun ini benar-benar tak terkalahkan. Hingga memasuki putaran terakhir, statusnya sebagai pebalap tercepat tak terpatahkan. Berhasil mempertahankan keunggulannya, Lorenzo melewati garis finis dengan status tercepat. Di belakangnya, ada nama Dovizioso, Rossi, Iannone, dan Rins.
Balapan MotoGP Italia tidak menjadi arena terbaik bagi Johann Zarco. Pasalnya, pebalap asal Prancis itu hanya sanggup menyegel posisi 10. Di belakangnya mengekor Pol Espargo dan rookie Hafizh Syahrin. Sementara Marquez, ia hanya mampu mengakhiri GP Italia di posisi ke-16.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan