kumparan
16 Juli 2019 13:47

Indonesia Open: Berkat Youtube, Ratchanok Intanon Taklukkan Ruselli

Ratchanok Intanon
Atlet bulu tangkis andalan Thailand, Ratchanok Intanon. Foto: Wang Zhao/AFP
Perjalanan Ruselli Hartawan di Indonesia Open 2019 berakhir cepat. Melawan Ratchanok Intanon asal Thailand pada babak pertama di Istora Gelora Bung Karno, Selasa (16/7/2019) pagi WIB, pebulu tangkis berusia 21 tahun itu takluk 21-14 21-14 dalam dua gim cepat berdurasi 34 menit.
ADVERTISEMENT
Kekalahan ini sama sekali tidak mengejutkan. Pasalnya, Intanon merupakan unggulan ke-7 di Indonesia Open kali ini. Bahkan, dalam wawancara sebelum pertandingan pun Ruselli mengatakan targetnya di laga ini ialah mengakhiri pertandingan dengan selisih poin setipis mungkin.
Jangan kira tidak ada cerita menarik di balik pertandingan ini. Walaupun menyandang status unggulan, Intanon mengaku buta akan sosok Ruselli karena inilah pertemuan perdana mereka.
Untuk memetakan kekuatan dan kelemahan lawan, maka Intanon coba mempelajarinya via YouTube. Dan, upaya itulah yang menjadi kunci kemenangan Intanon.
Ruselli Hartawan
Pebulutangkis Indonesia, Ruselli Hartawan saat pertandingan Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, Selasa (16/7). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
"Saya mempelajari gaya permainannya (Ruselli) di YouTube. Dengan informasi yang saya dapatkan, saya mencoba berkonsentrasi sejak awal," tutur Intanon selepas pertandingan.
"Jujur saja, kemenangan ini tak mudah karena kondisi fisik saya tengah tak baik. Sehingga, permainan saya sempat terasa tak bagus dan saya sempat tertinggal 1-4 di gim pertama. Tetapi, sesegera mungkin saya berusaha bangkit," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Melihat papan turnamen, ada kans bagi Intanon kembali bertemu wakil Indonesia di babak kedua. Syaratnya, Gregoria Mariska Tunjung harus menaklukkan wakil Thailand, Pornpawee Chochuwong pada laga babak pertama, Selasa (16/7/2019) siang WIB.
Kalau Gregoria ternyata sukses melewati adangan Pornpawee, Intanon tak perlu repot-repot menyaksikan permainan calon lawannya via Youtube. Toh, dia sudah mengenal betul Gregoria bermodalkan catatan selalu menang dalam empat pertemuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan