Bola & Sports
·
26 Maret 2021 13:09

Ini Sosok Pecatur Idola Chelsie Monica

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Sosok Pecatur Idola Chelsie Monica (14013)
Pecatur wanita Indonesia, Chelsie Monica. Foto: Instagram/@chelsie.monica
Nama Chelsie Monica belakangan menjadi buah bibir seiring meningkatnya kembali animo catur di Indonesia. Ia pun mengungkapkan idolanya dalam bercatur.
ADVERTISEMENT
Chelsie sendiri diketahui adalah pecatur Indonesia bergelar Woman International Master (WIM). Prestasinya sudah banyak, contohnya adalah medali emas SEA Games.
Usai tampil sebagai komentator duel Dewa Kipas vs WGM Irene Kharisma yang tayang di kanal YouTube Deddy Corbuzier pada Senin (22/3), popularitas Chelsie kian mencuat.
Kepada kumparan, Chelsie membeberkan siapa sosok yang menjadi idolanya dalam bermain catur. Ia pun menyebut nama Judit Polgar, pecatur wanita asal Hongaria.
Ini Sosok Pecatur Idola Chelsie Monica (14014)
Pecatur wanita Indonesia, Chelsie Monica. Foto: Instagram/@chelsie.monica
"Judit Polgar (idola saya). Karena dia itu jago banget, dia adalah pecatur wanita yang bisa bersaing dengan pecatur pria. Bahkan kalau Olimpiade dia itu masuknya ke tim pria," ujar Chelsie Monica.
Lantas, siapakah sosok Judit Polgar?
Judit Polgar lahir di Budapest pada 23 Juli 1976. Dia berasal dari keluarga pecatur. Ayahnya Laszlo Polgar adalah pelatih catur. Dua kakak perempuannya juga pecatur profesional yaitu Grandmaster Susan dan Master Internasional Sofia.
ADVERTISEMENT
Pada usia 5 tahun, Judit Polgar telah membuktikan keajaibannya dengan mengalahkan saudaranya dalam permainan catur dengan tanpa melihat ke arah papan. Sepanjang kariernya, Polgar sendiri jarang bermain di turnamen catur khusus wanita.
Pada tahun 1991, Polgar meraih gelar Grandmaster pada usia 15 tahun 4 bulan dan memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh mantan Juara Dunia Bobby Fischer sebagai pecatur termuda yang meraih gelar tersebut.
Wanita asal Hungaria ini juga telah mengalahkan sebelas juara dunia catur: Magnus Carlsen, Anatoly Karpov, Garry Kasparov, Vladimir Kramnik, Boris Spassky, Vasily Smyslov, Veselin Topalov, Viswanathan Anand, Ruslan Ponomariov, Alexander Khalifman, dan Rustam Kasimdzhanov.
Polgar sendiri dikenal memiliki kekuatan dalam permainan posisi, taktik, dan senang bermain agresif. Polgar juga terkenal dengan permainannya yang cepat seperti 'kilat'.
ADVERTISEMENT
Pada April dan Mei 2000, Polgar pernah memenangi salah satu turnamen terkuat yang pernah diadakan di Asia yaitu Japfa Classic yang digelar di Denpasar, Bali, Indonesia. Turnamen ini diikuti 10 pemain termasuk juara dunia FIDE saat itu Alexander Khalifman dan Anatoly Karpov, pendahulunya.
Judit Polgar meninggalkan dunia catur pada 13 Agustus 2014. Ia adalah pecatur wanita peringkat satu dunia dari Januari 1989 hingga pensiun. Satu tahun setelah pensiun, Polgar ditunjuk untuk menjadi pelatih kepala tim nasional catur putra Hungaria.
****