kumparan
28 Januari 2018 19:17

JK Puas dengan Pencapaian Atlet Tanah Air di Indonesia Masters 2018

Anthony Sinisuka Ginting disalami pendukung. (Foto: Nugroho Sejati/kumparan)
Selesai sudah perhelatan Indonesia Masters 2018. Dari wakil-wakil Indonesia yang lolos ke partai final di empat nomor, dua di antaranya sukses keluar sebagai pemenang.
ADVERTISEMENT
Tentu saja, ini merupakan pencapaian yang relatif bagus. Apalagi, perhelatan kali ini dilangsungkan di Istora Gelora Bung Karno (GBK) yang baru rampung direnovasi.
Wakil-wakil Indonesia itu adalah tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu, dan ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Anthony serta Marcus/Kevin sukses menjadi juara pada turnamen ini.
Marcus/Kevin, yang tampil paling akhir, menyajikan tontonan yang mendebarkan. Sempat tertinggal di gim pertama, mereka kemudian melahap dua gim berikutnya dan menundukkan pasangan asal China, Li Junhui/Liu Yuchen, dengan kedudukan 11-21, 21-10, dan 21-16.
Sudah begitu, Kevin juga sempat protes kepada wasit ketika pukulannya yang masuk dianggap keluar pada gim kedua. Namun, protes tersebut tidak lantas membuat keduanya menjadi panas dan kehilangan ketenangan. Di gim ketiga, Marcus/Kevin masih mampu menjaga konsistensi dan akhirnya meraih kemenangan.
ADVERTISEMENT
Wakil Presiden Republik Indonesia (RI) Jusuf Kalla (JK), mengaku puas dengan pencapaian atlet-atlet bulu tangkis Tanah Air tersebut. JK datang menonton langsung dengan didampingi istrinya, Mufidah, dan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi.
“Saya sangat gembira atas hasil hari ini. (Turnamen) hari ini juga (merupakan) percobaan untuk Asian Games nanti,” ujar pria yang juga menjabat sebagai ketua panitia Asian Games 2018 tersebut.
Kevin/Marcus juara Indonesia Master (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)
“Khususnya yang luar biasa tadi adalah perjuangannya. Kalau masih ada yang harus diperbaiki, ya, diperbaiki. Asian Games masih ada tujuh bulan lagi,” lanjutnya.
Pernyataan JK diamini oleh Ketua Umum PB PBSI Wiranto.
“Hari ini, kita bisa menunjukkan bahwa (untuk) uji coba Asian Games, kita mampu. Jadi, kita masih punya waktu untuk memperbaiki pertandingan (cara bertanding, red), mental, dan kita bersyukur bahwa penonton Indonesia luar biasa,” ucap Wiranto.
ADVERTISEMENT
“Dukungan penonton, antusiasme penonton, bisa membangkitkan semangat. Terima kasih kepada para penonton. Kita juga salut pada pemain yang sudah mati-matian berjuang dengan sangat baik,” imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan