kumparan
18 Oktober 2019 16:14

Johann Zarco Jadi Pebalap LCR Honda di Tiga Seri Terakhir MotoGP 2019

Johann Zarco
Pebalap KTM Factory Racing di MotoGP 2019, Johann Zarco. Foto: twitter/ktmfactoryracing
Johann Zarco tak lama-lama menganggur. Rider asal Prancis itu ditunjuk LCR Honda untuk menjadi pebalap pengganti Takaaki Nakagami pada sisa tiga seri MotoGP 2019.
ADVERTISEMENT
Zarco mendapatkan pekerjaan ini satu bulan setelah dirinya didepak Red Bull KTM karena dinilai tak tampil sesuai ekspektasi. Tentu saja ini menjadi angin segar Zarco untuk membuktikan kapabilitas diri.
Zarco akan memulai tugasnya di MotoGP Australia pada 27 Oktober mendatang, lalu berlanjut di Malaysia (3 November), dan berakhir di seri pemungkas GP Valencia (17 November).
"Sebuah kesempatan besar bisa membalap untuk LCR Honda di sisa seri musim ini. Saya sangat bersyukur diberi kesempatan dan saya akan memberi yang terbaik untuk meraih hasil bagus," kata Zarco.
"Saya berterima kasih kepada KTM yang mengizinkan saya mencoba motor lain. Mari kita lihat apa yang bisa saya berikan. Yang pertama tentu saja saya akan menikmati Sirkuit Philip Island. Ini lintasan bertipe cepat dan saya pikir hasilnya bisa bagus," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Hadirnya Zarco di Honda memunculkan spekulasi bahwa peraih Rookie of The Year 2017 itu bakal menggantikan tempat Jorge Lorenzo di tim pabrikan utama Repsol Honda pada musim 2020. Kebetulan, performa Lorenzo pun jauh dari memuaskan.
Namun, Zarco langsung membantah isu tersebut. Ia menyebut bahwa Honda sudah menegaskan kepada dirinya untuk tidak berpikir akan menjadi pengganti Lorenzo musim depan. Dari sisinya, tiga balapan terakhir musim ini dijadikan ajang mengukur diri.
Johann Zarco
Johann Zarco mengikuti tes pramusim MotoGP 2019 di Sepang. Foto: Mohd RASFAN/AFP
"Mereka (Honda) mengatakan bahwa saya jangan punya pikiran itu (menggantikan Lorenzo). Saya pun sangat paham dengan realitanya, meski kita bisa menyebut tiga balapan nanti sebagai sebuah tes," ujar Zarco kepada L'Equipe.
"Mereka tak meminta saya memenangi tiga balapan terakhir. Mereka menunjuk saya karena cuma saya yang tersedia. Dari sisi saya, semoga saya bisa menemukan kembali feeling saat membalap," jelasnya.
ADVERTISEMENT
"Jika saya tak bisa membuktikan diri dengan materi motor yang mereka berikan, itu artinya saya memang tak punya tempat di MotoGP. Mereka memberi saya kesempatan, saya akan memaksimalkan itu," pungkasnya.
Nakagami sendiri masih akan menjadi bagian dari LCR Honda musim depan. Namun, lantaran bakal menjalani operasi bahu dan butuh waktu untuk memulihkan diri, tempatnya digantikan Zarco di tiga seri terakhir MotoGP 2019.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan