Bola & Sports
·
6 Mei 2021 16:10

Kamaru Usman Dipanggil 'Marty' Semasa Sekolah, Begini Ceritanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kamaru Usman Dipanggil 'Marty' Semasa Sekolah, Begini Ceritanya (308483)
Kamaru Usman. Foto: Twitter/@USMAN84kg
Kamaru Usman adalah raja di kelas welter UFC. Untuk menambah kengerian di statusnya, julukan 'The Nigerian Nightmare' bahkan disematkan di namanya.
ADVERTISEMENT
Namun, jauh sebelum Usman mendapatkan julukan tersebut, kebanyakan teman-teman dan pelatih di masa sekolahnya dengan panggilan 'Marty'.
Asal muasal nama 'Marty' ini bermula dari pelatih gulat Usman di masa sekolah yang mulai memanggilnya dengan nama tersebut karena kesulitan mengucapkan nama aslinya.
Kamaru Usman Dipanggil 'Marty' Semasa Sekolah, Begini Ceritanya (308484)
Petarung MMA, Kamaru Usman. Foto: Steve Marcus/Getty Images
"Dia sedang membaca daftar nama memanggil anak-anak dan bergumam, 'Kfam.. Kamar.. Siapa? Siapa anak ini?' Aku langsung menyahut. Lalu dia bertanya, 'itu namamu?', kujawab, ya, dan dia mengatakan tidak akan mengucapkan itu," cerita Usman di podcast Joe Rogan dikutip dari MMA Mania.
"Nama lengkapku adalah kamarudeen. Dia kemudian berkata, 'Saya tidak akan mengatakan itu! Kamardien.. Kamardy.. Saya akan memanggilmu Marty!,' Dan aku hanya menyetujuinya," sambungnya.
Kala itu, Usman mengakui dirinya dibuat ketakutan dengan sang pelatih sehingga ia mengangguk saja. Lagipula, setiap orang tentu memiliki nama panggilan saat tumbuh dewasa. Begitu pikirnya.
Kamaru Usman Dipanggil 'Marty' Semasa Sekolah, Begini Ceritanya (308485)
Kamaru Usman. Foto: Twitter/@USMAN84kg
Soal nama panggilan 'Marty', Usman mengaku cukup bersyukur bisa bertemu dengan pelatihnya itu. Baginya, sang pelatih telah mengubah jalan hidupnya.
ADVERTISEMENT
"Dulu, hanya orang-orang di tim yang memanggil 'Marty'. Selanjutnya, yang lain mulai memanggil aku 'Marty'. Para pelatih perguruan tinggi mengenalku sebagai 'Marty'. Semua orang mengenalku dengan nama itu," kenang Usman.
Sebagai informasi, Ben Askren pernah mengejek Usman dengan sebutan 'Marty dari Nebraska'. Akan tetapi, Usman santai saja dengan hal itu.
Kamaru Usman Dipanggil 'Marty' Semasa Sekolah, Begini Ceritanya (308486)
Duel Kamaru Usman melawan Jorge Masvidal di pertandingan UFC 261 di VyStar Veterans Memorial Arena. Foto: Jasen Vinlove-USA TODAY Sports/REUTERS
"Ini tentang nama panggilan, jika kamu adalah pria biasa dan payah, namamu mati bersamamu. Tetapi, jika kamu melakukan sesuatu yang luar biasa, nama itu tetap hidup," tutur Usman.
"Aku adalah si bocah 'Marty' yang bergulat di Nebraska dan mengalahkan semua orang," pungkasnya.
Usman tentu sudah mengalahkan banyak orang untuk bisa menjuarai sekaligus mempertahankan gelar juara kelas welter UFC yang diraihnya sejak 2019 lalu.
ADVERTISEMENT
Teranyar, Usman mengalahkan Jorge Masvidal di UFC 261, akhir April lalu. Ia menang KO di ronde kedua dan berhasil mempertahankan gelar untuk keempat kalinya.
****