Kemenpora Gelar Rakornas Perdana, Fokus di Pengembangan Ekosistem Olahraga

9 September 2023 7:08 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Menpora Dito Ariotedjo membuka Rakornas Pemuda dan Olahraga yang digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Jumat (8/9). Foto: Jodi Hermawan/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Menpora Dito Ariotedjo membuka Rakornas Pemuda dan Olahraga yang digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Jumat (8/9). Foto: Jodi Hermawan/kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Jumat (8/9). Rakornas ini merupakan edisi perdana yang menggabungkan dua bidang, yakni kepemudaan dan keolahragaan.
ADVERTISEMENT
Rakornas Pemuda dan Olahraga 2023 digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta. Kegiatan ini sekaligus menjadi bagian dari agenda Hari Olahraga Nasional ke-40 yang jatuh pada Sabtu (9/9) besok.
Kegiatan ini membahas berbagai isu. Menpora Dito Ariotedjo sendiri menekankan pengembangan ekosistem olahraga yang tidak hanya berfokus di pemerintah pusat, melainkan juga di daerah.
"Mengapa kami inisiatif dan menggagas pentingnya Rakornas ini karena memang yang namanya pembinaan dan juga pemberdayaan pemuda dan olahraga itu tidak semuanya di pusat, tapi sudah dibagi ke lapisan daerah dan juga di lembaga lainnya," terang Dito dalam konferensi pers.
Menpora Dito Ariotedjo (kiri), Menko PMK Muhadjir Effendy (tengah), dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono (kanan) di Rakornas Pemuda dan Olahraga yang digelar di Jakarta International Velodrome, Jakarta, Jumat (8/9). Foto: Jodi Hermawan/kumparan
"Maka dari itu Rakornas hari ini adalah untuk kami bersama 27 kementerian dan lembaga, yang berada di koordinasi pelayanan sektor kepemudaan, dan juga bersama seluruh pemerintah provinsi kabupaten dan kota, dan juga tadi hadir asosiasi kabupaten, asosiasi provinsi, wali kota, menyatakan komitmen kebersamaan untuk pengembangan anak muda dan olahraga," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Upaya ini juga diperkuat dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri pada 18 Agustus lalu. Surat yang dilayangkan kepada Gubernur dan Bupati/Wali Kota di seluruh Indonesia tersebut berisi perintah untuk melaksanakan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan Rencana Aksi Daerah (RAD).
Dalam surat bernomor 400.3.5./9106/Bangda tersebut, Gubernur dan Bupati/Wali Kota diminta membentuk Tim Koordinasi Tingkat Daerah yang memiliki tugas menetapkan dan melaksanakan kebijakan keolahragaan di daerah berdasarkan kebijakan keolahragaan, serta mengkoordinasikan, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaannya.
Presiden Joko Widodo serahkan bonus SEA Games 2023. Foto: ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
"Jadi dengan dasar-dasar ini kami berinisiatif untuk berkumpul merujukkan bersama bagaimana ke depan kami menyiapkan pondasi dan juga roadmap pengembangan olahraga dan pemuda dari pusat sampai daerah dan berbagai kelembagaan dan juga kementerian," kata Dito.
"Jadi agar kita benar-benar membuka seluruh potensi tenaga dan sumber daya kekuatan kita membangun anak muda dan olahraga," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, berharap Rakornas ini bisa menghasilkan rancangan peningkatan pelayanan kepemudaan serta peningkatan prestasi olahraga.
"Kami berharap nantinya program-program yang ada ini bisa disinergikan sampai ke tingkat daerah. Jadi perlu adanya kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah untuk mengurusi sektor kepemudaan dan olahraga," kata Muhadjir dalam sambutan.