kumparan
1 Oktober 2018 12:14

Kontribusi Pemain-Pemain PB Djarum untuk Indonesia

PB Djarum
Tampak depan asrama PB Djarum. (Foto: kumparan/Aditia Rijki Nugraha)
Prestasi bulu tangkis di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi. Terkenal dengan atlet-atletnya yang berbakat, Indonesia selalu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti ajang kompetisi bulu tangkis bergengsi seperti All England, Uber, Piala Thomas, hingga event multi-cabang bergengsi se-Asia, Asian Games 2018.
ADVERTISEMENT
Dari setiap kompetisi tersebut, selalu ada banyak penantian dan harapan yang disematkan pada para pemain andalan Indonesia. Sebut saja seperti Kevin Sanjaya, atlet yang kini sudah berada di level dunia.
Kevin merupakan salah satu contoh atlet bulu tangkis yang berkontribusi besar terhadap prestasi Indonesia di bidang olahraga. Tentu keberhasilan Kevin dan para atlet bulu tangkis Indonesia pun tak lain berkat gemblengan klub-klub yang melatih dan membina mereka, salah satunya PB Djarum yang mempunyai cara tersendiri untuk membangun mental dan karakter para atletnya hingga mereka pun sukses meraih gelar juara di berbagai kompetisi dunia. Lalu siapa saja pemain-pemain PB Djarum yang telah berkontribusi besar untuk negara tercinta ini di bidang badminton?
ADVERTISEMENT
1. Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir
Owi/Butet
Owi/Butet dengn medali kemenangannya. (Foto: REUTERS/Russell Cheyne)
Sejak dipasangkan menjadi ganda campuran, Tontowi Ahmad (Owi) dan Liliyana Natsir (Butet) telah mencetak prestasi di berbagai kejuaraan bergengsi dunia, di antaranya Olimpiade Rio 2016, Kejuaraan dunia 2017, hingga gelar terakhir mereka sebagai pasangan, Indonesia Open 2018.
2. Kevin Sanjaya
Kevin Sanjaya
Kevin Sanjaya di Indonesia Open 2018. (Foto: Muhammad Adimaja/ANTARA)
Sebagai bagian dari klub PB Djarum dan Pelatnas PBSI, Kevin Sanjaya memang punya segudang prestasi. Nyaris setiap tahun, Kevin selalu memberikan Indonesia medali emas. Tahun ini saja sudah banyak gelar juara yang ia raih bersama pasangannya, Marcus Gideon. seperti gelar juara Indonesia Open 2018, Asian Games 2018, dan Japan Open 2018. Dengan deretan prestasi yang telah ia dapatkan, karier peraih gelar All England dua kali berturut-turut ini pun semakin melejit.
ADVERTISEMENT
3. Febriana Dwipuji Kusuma dan Ribka Sugiarto
Keberhasilan bulu tangkis di Indonesia tidak melulu di level senior saja. Indonesia punya penerus Liliyana Natsir yang diprediksi akan memberikan banyak kontribusi untuk Indonesia di bidang bulu tangkis. Ini dipastikan melalui kemenangan pasangan ganda putri, Febriana Dwipuji Kusuma dan Ribka Sugiarto. Pasangan ganda putri Indonesia ini berhasil meraih gelar juara di ajang Asia Junior Championships 2018. Dua atlet muda binaan PB Djarum ini berhasil menduduki podium utama usai mengalahkan Pearly Koong Le Tan/Ee Wei Toh, pasangan ganda putri asal Malaysia.
4. Mohammad Ahsan
Mohammad Ahsan
Mohammad Ahsan (Foto: PP PBSI)
Lewat ajang BWF Tour 2018, Mohammad Ahsan kembali mengukir sejarah baru untuk Indonesia. Bersama pasangannya, Mohammad Ahsan membawa angin segar bagi dunia bulu tangkis Indonesia. Maklum, atlet binaan PB Djarum yang telah meraih gelar juara dunia tahun 2013 dan 2015 ini sangat dinanti-nantikan kembali memberikan kontribusi besar untuk Indonesia.
ADVERTISEMENT
Keempat jebolan klub PB Djarum di atas merupakan contoh atlet-atlet bulu tangkis yang berhasil memberikan kontribusi bagi Indonesia. Perjuangan mereka tidak hanya untuk diakui di mata dunia, melainkan bisa menjadi motivasi bagi bibit muda yang berpengaruh besar atas kemajuan bulu tangkis di Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan