Bola & Sports
·
31 Maret 2021 11:57

Mengenal Blitz Chess, Duel Catur yang Akan Dimainkan Irene dan GothamChess

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengenal Blitz Chess, Duel Catur yang Akan Dimainkan Irene dan GothamChess (224111)
Grandmaster Wanita Catur Indonesia, Irene Kharisma Sukandar. Foto: Instagram/@irene_sukandar
Woman Grandmaster (WGM) Irene Kharisma Sukandar akan melangsungkan duel catur dengan Levy Rozman, atau dikenal dengan GothamChess, pada Rabu (31/3) malam.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut diketahui melalui unggahan Irene di sosial media pribadinya. Ia dan GothamChess akan melakukan duel blitz chess pada 31 Maret 2021 pukul 22:00 WIB.
Fast Chess (catur cepat) adalah jenis permainan catur di mana setiap pemain diberi waktu lebih sedikit untuk mempertimbangkan gerakan mereka daripada yang diizinkan oleh kontrol waktu turnamen normal.
Catur cepat ini dibagi lagi ke dalam tiga jenis, yakni rapid chess, blitz chess, dan bullet chess. Yang kemudian akan dimainkan oleh Irene dan GothamChess adalah blitz chess.
Mengacu aturan dari federasi catur dunia (FIDE), kontrol waktu yang diberikan kepada setiap pemain di kategori blitz chess tidak lebih dari 10 menit.
Selain itu, bisa juga memakai formula 5 menit dengan tambahan waktu pikir 3 detik setiap langkahnya. Atau berlangsung 3 menit dengan tambahan waktu pikir 2 detik.
ADVERTISEMENT
Dalam kasus penambahan waktu, total waktu per pemain untuk permainan 60 gerakan harus kurang dari 10 menit. Hal itu dikarenakan butuh waktu kira-kira 10 detik untuk tiap gerakan.
Mengenal Blitz Chess, Duel Catur yang Akan Dimainkan Irene dan GothamChess (224112)
Levy Rozman alias GothamChess, pemain catur online sekaligus YouTuber dan Streamer. Foto: Instagram @gothamchess
Untuk kejuaraan dunia blitz sendiri, setiap pemain memiliki 3 menit dengan tambahan 2 detik tiap gerakan, dimulai dari gerakan pertama.
Dalam kategori blitz chess sendiri, GothamChess lebih unggul dari Irene. Menurut catatan FIDE, pria 25 tahun itu memiliki rating 2376, sementara Irene memiliki rating 2313.
Akan tetapi, Irene lebih unggul untuk rating keseluruhan. Atlet catur 28 tahun itu memiliki rating 2413. GothamChess di lain sisi memiliki rating 2343.
Duel antara dua pecatur bergelar Internasional Master (IM) ini tentu akan berjalan seru. Pertandingan keduanya akan disiarkan secara live streaming di situs Twitch pada Rabu malam nanti.
ADVERTISEMENT
****