Moto3 Italia: Dennis Foggia Pemenang, Andi Gilang Finis Ke-21

30 Mei 2021 16:55
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Andi Gilang alias Andi Farid Izdihar di sesi Moto3 2021. Foto: Honda Racing
zoom-in-whitePerbesar
Andi Gilang alias Andi Farid Izdihar di sesi Moto3 2021. Foto: Honda Racing
Pebalap Indonesia, Andi Gilang alias Andi Farid Izdihar finis, di urutan ke-21 pada balapan Moto3 Italia Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/5) sore WIB. Ia memiliki selisih waktu 40,023 detik dari urutan pertama.
Di sisi lain, Dennis Fogia menjadi pemenang lomba, disusul oleh Jaume Masia dan Gabriel Rodrigo. Foggia mencatatkan waktu 39 menit 37,497 detik.
Pebalap Indonesia, Andi Gilang alias Andi Farid Izdihar (kiri). Foto: Honda Racing
zoom-in-whitePerbesar
Pebalap Indonesia, Andi Gilang alias Andi Farid Izdihar (kiri). Foto: Honda Racing

Jalannya Balapan Moto3 Italia (20 lap)

Cuaca cerah menghiasi sirkuit Mugello pada sesi balapan kali ini. Hampir seluruh pebalap pun memilih ban yang sesuai dengan kondisi lintasan.
Pedro Acosta yang start pada posisi kedua langsung memimpin di awal balapan. Insiden pun langsung terjadi di tikungan pertama saat Adrian Fernandez terjatuh dari motornya. Namun, sang pebalap masih bisa melanjutkan balapan.
Pada tikungan lima, terjadi kecelakaan besar. Sejumlah pebalap pun tampak terlibat di dalamnya. Kendati demikian, beberapa dari mereka masih bisa berdiri dan melanjutkan balapan. Satu lap berlalu, Dennis Fogia berhasil memimpin. Di belakangnya, ada Gabriel Rodrigo dan Acosta.
Pada lap ke-17, Acosta harus rela turun ke posisi kesembilan. Sementara itu, Foggia masih jadi yang tercepat dan diikuti oleh Tatsuki Suzuki yang memulai balapan di pos terdepan. Adapun Andi Gilang masih tercecer di peringkat ke-21.
Tak berselang lama tepatnya dua lap berselang, Romano Fenati berhasil mengudeta posisi Fogia. Pada kecelakaan yang terjadi di tikungan 7 setidaknya memakan dua korban. Maximilian Kofler dan Carlos Tatay harus dibawa ke tempat kesehatan untuk mendapat perawatan.
Pedro Acosta secara mengejutkan sempat berhasil memimpin pada lap ke-13. Namun, itu hanya berselang sebentar setelah direbut kembali oleh Foggia. Suzuki dan Rodrigo menguntit di belakangnya. Di sisi lain, Andi Gilang berada di urutan 20 hingga lap ke-11.
Ketika balapan memasuki lap ke-9, Suzuki berhasil jadi yang terdepan. Rodrigo dan Darryn Binder mengikutinya dari belakang. Tak berselang lama, Acosta merangsek ke posisi dua dan Ayumu Sasaki menempati urutan keempat.
Tiga lap berselang, John McPhee sukses menempati pos pertama. Keberhasilan pebalap asal Inggris itu diikuti oleh Fenati di urutan kedua. Balapan semakin seru ketika Binder menjadi pebalap tercepat ketika menyisakan lima lap lagi. Andi Gilang turun satu peringkat.
Urutan 5 besar saat 5 lap tersisa: Acosta, Binder, Fenati, Rodrigo, Sasaki. Andi berhasil menempati posisi ke-20 lagi.
Pada akhirnya, Dennis Foggia menjadi pemenang balapan Moto3 Italia. Posisi finis dua dan tiga masing-masing diisi oleh Salac dan Rodrigo. Andi Gilang finis satu strip dari urutan terakhir, yakni 21.
****