kumparan
21 Januari 2020 13:08

NBA: Boston Celtics Tumbangkan LA Lakers 139-107

Celtics vs Lakers
Pemain LA Lakers, LeBron James, dikepung pemain Boston Celtcis. Foto: Bob DeChiara-USA TODAY Sports via Reuters
Boston Celtics akhirnya memutus tren tiga kekalahan beruntun di NBA dengan menumbangkan tim papan atas Wilayah Barat, Los Angeles (LA) Lakers, Selasa (21/1/2020). Menjamu Lakers di TD Garden, Celtics menang dengan skor 139-107.
ADVERTISEMENT
Guard Celtics, Kemba Walker, yang mencetak 20 poin di laga ini senang bukan kepalang usai berhasil menumbangkan Lakers. Bukan tanpa pasal, ini menjadi kemenangan perdana Walker atas LeBron James setelah di 28 pertemuan sebelumnya selalu kalah.
"Saya senang, saya bisa menang sebelum dia berhenti bermain. Siapa yang tahu berapa lama dia akan bermain, karena dia sangat luar biasa. Tapi, kalian semua tahu, ini baru satu kemenangan. Satu dari 28 kekalahan," kata Walker usai laga kepada ESPN.
"Jika ada pemain yang tak bisa saya kalahkan, itu hanya LeBron James. Dia adalah pemain hebat, dia sudah melakukan banyak hal di NBA. Dia sudah mengalahkan banyak pemain, saya bertaruh banyak pemain yang tak punya rekor kemenangan atas LeBron James," tuturnya.
Celtics vs Lakers
Pemain Boston Celtics, Jayson Tatum, mengawal pemain LA Lakers, LeBron James. Foto: Bob DeChiara-USA TODAY Sports via Reuters
Sementara bagi pelatih Celtics, Brad Stevens, salah satu faktor keberhasilan timnya menang adalah belum pulihnya Anthony Davis di kubu Lakers. Mantan penggawa New Orleans Pelicans itu sempat menepi dua pekan dan hanya bermain 23 menit di pertandingan ini.
ADVERTISEMENT
Tidak fitnya Davis bikin Enes Kanter begitu dominan di bawah ring, sosok asal Turki tersebut mencatatkan double-double dengan 18 poin dan 11 rebound. Kemudian Jayson Tatum menjadi topskorer Celtics dengan 27 angka.
"Semakin sebentar dia (Davis) bermain, itu lebih baik bagi setiap lawannya," ujar Stevens.
Meski Celtics berhasil memutus tren kekalahan, mereka masih tertahan di posisi keempat Wilayah Timur. Sementara bagi Lakers, kekalahan tak bikin mereka terusik di puncak klasemen Wilayah Barat dan James tak ambil pusing dengan hasil ini.
"Kenapa saya harus menanggapi hasil ini untuk pribadi. Ini bagian dari permainan bola basket. Ini juga bukan pertama kalinya ada pemain dunk di depan saya persis," ucap James.
Tren Kemenangan Bucks dan Spurs Berlanjut
ADVERTISEMENT
Hasil apik juga didapatkan tim Wilayah Timur lain, Milwaukee Bucks. Menjamu Chicago Bulls di Fiserv Forum, Bucks menang dengan skor 111-98. Ini menjadi kemenangan ketujuh Bucks secara beruntun.
Skuat besutan Mike Budenholzer tersebut pun kukuh di puncak klasemen dengan rekor terbaik di NBA, 39 kemenangan dan 6 kekalahan. Di lain sisi, hasil ini bikin Bulls turun ke peringkat 10.
Beralih lagi ke Wilayah Barat, tren kemenangan juga diteruskan oleh San Antonio Spurs dengan mengalahkan Phoenix Suns 120-118. Bagi skuat arahan Gregg Popovich, ini adalah kemenangan kedua beruntun.

Hasil lengkap NBA hari ini, Selasa (21/1):

Detroit Pistons 100-106 Washington Wizards
Toronto Raptors 122-117 Atlanta Hawks
Philadelphia 76ers 117-111 Brooklyn Nets
Sacramento Kings 113-118 Miami Heat
ADVERTISEMENT
Chicago Bulls 98-111 Milwaukee Bucks
Oklahoma City Thunder 112-107 Houston Rockets
Orlando Magic 106-83 Charlotte Hornets
New Orleans Pelicans 126-116 Memphis Grizzlies
New York Knicks 106-86 Cleveland Cavaliers
LA Lakers 107-139 Boston Celtics
Denver Nuggets 107-100 Minnesota Timberwolves
Indiana Pacers 88-118 Utah Jazz
San Antonio Spurs 120-118 Phoenix Suns
Golden State Warriors 124-129 Portland Trail Blazers.