kumparan
search-gray
Bola & Sports30 Januari 2020 14:26

NBA: Damian Lillard Triple-double, Blazers Kalahkan Rockets

Konten Redaksi kumparan
Blazers vs Rockets
Pertandingan NBA antara Portland Trail Blazers dan Houston Rockets. Foto: Craig Mitchelldyer-USA TODAY Sports
Bintang Portland Trail Blazers, Damian Lillard, tampil luar biasa kala membela timnya melawan Houston Rockets dalam laga NBA 2019/2020, Kamis (30/1/2020) pagi WIB. Lillard mencatatkan triple-double dan membawa Blazers mengalahkan Rockets dengan skor 125-112.
ADVERTISEMENT
Lillard berhasil mengemas 36 poin, 11 assist, dan 10 rebound di pertandingan ini. Buat Lillard, ini adalah sesuatu yang bersejarah. Pasalnya, ini adalah pertama kalinya ia mencatatkan triple-double semenjak berkarier di NBA pada 2012 silam.
Yang membuat Lillard begitu memukau di laga ini tak hanya angkanya saja. Pemain yang berposisi sebagai point guard itu juga menyajikan beberapa tembakan yang spektakuler. Dua kali Lillard melakukan tembakan dari dekat logo Blazers, yang notabene berada di tengah lapangan.
Lillard menjadi salah satu faktor mengapa Blazers bisa menang melawan tim papan atas seperti Rockets. Namun, ia jelas tak menjadi satu-satunya alasan.
Selain Lillard, ada enam pemain Blazers lainnya yang mencetak poin double-digit. Mereka adalah Hassan Whiteside (15), CJ McCollum (22), Trevor Ariza (21), Nasir Little (10), dan Gary Trent Jr. (10).
ADVERTISEMENT
Whiteside melengkapi performa apiknya dengan 10 rebound. Sementara, pemain veteran Blazers, Carmelo Anthony, mencatatkan enam poin dan 13 rebound.
Dari kubu Rockets, Russell Westbrook tampil ciamik. Eks penggawa Oklahoma City Thunder itu mengemas 39 poin dan 10 rebound. Westbrook juga berhasil mencatatkan persentase field goal sukses di angka 55%.
Blazers vs Rockets
Pertandingan NBA antara Portland Trail Blazers dan Houston Rockets. Foto: Craig Mitchelldyer-USA TODAY Sports
Meskipun begitu, hampir semua rekan setim Westbrook tampil kurang oke. Yang paling mengecewakan tentu saja James Harden. Pemain yang dijuluki 'The Beard' itu hanya mampu memasukkan lima dari 18 tembakan yang ia buat. Alhasil, Harden hanya mencetak 18 poin.
Lewat laga ini, Blazers berada di peringkat 10 Wilayah Barat NBA dengan rekor 21 menang dan 27 kalah. Sementara, Rockets duduk di peringkat enam dengan rekor 29 menang dan 18 kalah.
ADVERTISEMENT

Diwarnai Perkelahian, Knicks Dicabik Grizzlies

Pada pertandingan NBA lainnya yang berlangsung Kamis (30/1) pagi WIB, New York Knicks takluk dari Memphis Grizzlies dengan skor 106-127. Namun, cerita menarik dari pertandingan yang berlangsung di Madison Square Garden—kandang Knicks—itu adalah perkelahian yang terjadi antara kedua tim .
Perkelahian itu berlangsung ketika pertandingan menyisakan 48 detik lagi. Kala itu, penggawa Grizzlies, Jae Crowder, ingin melepaskan tembakan tiga angka. Nah, di mata Knicks, upaya Crowder itu tak sopan karena Grizzlies sudah unggul jauh. Point guard Knicks, Elfrid Payton, lantas mendorong Crowder.
Dari situ, aksi saling dorong berlangsung. Big man Knicks, Marcus Morris, terlihat mendorong rookie Grizzlies, Ja Morant. Untungnya, kericuhan ini bisa diredakan sebelum melebar.
ADVERTISEMENT
Akibat keributan itu, Crowder, Morris, dan Payton diusir dari lapangan. Grizzilies pun melenggang dengan mudah.
Terlepas dari perkelahian itu, Grizzlies dan Knicks menyajikan penampilan yang berbeda. Grizzlies tampil efisien dengan persentase field goal sukses mencapai 50% dan hanya kehilangan bola (turnover) sebanyak 11 kali. Sementara, Knicks hanya mampu mencatatkan 42,9% field goal sukses dan 16 kali kehilangan bola.

Hasil Lengkap NBA, Kamis (30/1/2020) Pagi WIB

Chicago Bulls 106-115 Indiana Pacers
Detroit Pistons 115-125 Brooklyn Nets 125
Memphis Grizzlies 127-106 New York Knicks
Utah Jazz 120-127 San Antonio Spurs
Oklahoma City Thunder 120-100 Sacramento Kings
Houston Rockets 112-125 Portland Trail Blazers