kumparan
24 Oktober 2019 12:41

NBA: Irving Cetak 50 Poin, tapi Nets Kalah dari Timberwolves

Nets vs Timberwolves
Bintang Nets, Kyrie Irving, berhadapan dengan center Minnesota Timberwolves, Karl-Anthony Towns. Foto: Andy Marlin-USA TODAY Sports
Megabintang NBA, Kyrie Irving, melangsungkan debut yang hampir sempurna bersama Brooklyn Nets. Menghadapi Minnesota Timberwolves di Barclays Center—kandang Nets—pada Kamis (24/10/2019), Irving berhasil menorehkan 50 poin.
ADVERTISEMENT
Ya, benar, 50 poin. Dengan catatan seperti itu, Irving resmi tercatat menjadi pemain dengan raihan poin terbanyak pada laga pertama bersama satu tim dalam sejarah NBA.
Prestasi Irving semakin istimewa jika melihat statistiknya lebih jauh. Ia berhasil memasukkan 17 dari 33 tembakan yang ia buat. Dengan begitu, persentase field goal suksesnya berada di atas 50%, tepatnya 52%. Dari luar garis tiga angka, pemain yang musim lalu memperkuat Boston Celtics itu berhasil memasukkan tujuh dari 14 tembakan.
Efektivitas Irving tak hanya ia tunjukkan ketika menembak. Ia juga mampu menguasai bola dan membuat keputusan dengan baik. Buktinya, tujuh assist ia ciptakan, dan tak sekalipun ia kehilangan bola (turnover). Irving melengkapi performa luar biasanya dengan torehan delapan rebound.
ADVERTISEMENT
Nets vs Timberwolves
Bintang Nets, Kyrie Irving, berhadapan dengan center Minnesota Timberwolves, Karl-Anthony Towns. Foto: Andy Marlin-USA TODAY Sports
Namun, ada noda yang amat besar dalam debutnya ini. Ya, Nets mesti takluk dari Timberwolves dengan skor 126-127.
Sejak awal pertandingan, Nets memang sudah terlihat kesulitan. Ketika kuarter pertama berakhir, sang tuan rumah tertinggal dari tamunya dengan selisih 11 angka. Pada akhir kuarter kedua, jarak bertambah satu poin, dan Nets tertinggal dengan skor 56-68.
Setelah jeda paruh babak, Nets mengamuk. Mereka berhasil memenangi kuarter ketiga dengan skor 37-20. Pada akhirnya, Irving dkk. berhasil memaksa pertandingan untuk masuk ke babak overtime.
Pada overtime, pertandingan berjalan dengan ketat. Ketika pertandingan memasuki 5 detik terakhir, Irving menguasai bola dan memiliki kesempatan untuk menjadi pahlawan buat timnya.
ADVERTISEMENT
Sayang, ketika berusaha melakukan penetrasi, pria yang berposisi sebagai point guard itu kehilangan keseimbangan dan terpeleset.
Hebatnya, Irving berhasil menguasai bola dan melepaskan tembakan. Namun, karena posisinya tidak menguntungkan, tembakannya meleset, dan Nets mesti kalah dengan cukup menyakitkan.
Meskipun begitu, kredit besar juga mesti diberikan kepada Timberwolves. Mereka berhasil menjaga ketenangan kendati Nets sukses menyamakan kedudukan.
Pemain Timberwolves yang tampil nyaris tanpa cela adalah bintang sekaligus center mereka, Karl-Anthony Towns. Pemuda berusia 23 tahun itu sukses mengemas 36 poin plus 14 rebound. Towns juga mampu memasukkan tujuh dari 11 tembakan tiga angka yang ia lepaskan.
Selain Towns, pemain Timberwolves lainnya yang bermain apik adalah Andrew Wiggins. Pemain yang berposisi sebagai small forward itu berhasil mengemas 21 poin. Memang, permainan Wiggins luar biasa tidak efektif. Ia hanya mampu memasukkan 10 tembakan dari 27 upaya.
ADVERTISEMENT
Namun, Wiggins berhasil menunjukkan kemampuannya di momen krusial (clutch). Ketika Nets unggul dengan skor 124-123, pemain asal Kanada itu berhasil menciptakan dua field gol berturut-turut, dan membawa Timberwolves meraih kemenangan.
Celtics Kalah dari Sixers, Nuggets Taklukkan Blazers
Pada pertandingan NBA 2019/2020 lain yang berlangsung Kamis (24/10) pagi WIB, Philadelphia 76ers berhasil menang atas Boston Celtics dengan skor 107-96. Sixers—begitu 76ers biasa disebut—berhasil menunjukkan kolektivitas yang luar biasa kala memenangi laga ini.
Buktinya, semua starter Sixers di laga ini sukses menorehkan poin dua digit. Pebasket asal Australia, Ben Simmons, menjadi pendulang angka terbanyak Sixers dengan raihan 24 poin. Simmons juga mampu mencatatkan delapan rebound dan sembilan assist.
ADVERTISEMENT
Dari kubu Celtics, Gordon Hayward menjadi topskorer dengan 25 poin. Sementara, bintang anyar yang baru direkrut dari Charlotte Hornets, Kemba Walker, hanya mampu mencatatkan 12 poin. Penampilan mengecewakan Walker terlihat dari persentase field goal suksesnya yang hanya mencapai 22%.
Pertandingan lainnya yang cukup menarik adalah pertemuan antara dua tim kuat dari Wilayah Barat, Denver Nuggets dan Portland Trail Blazers. Nuggets berhasil mengalahkan Blazers dengan skor 108-100.
Yang menjadi pembeda di laga ini adalah efektivitas tembakan tiga angka. Nuggets berhasil memasukkan 18 dari 32 tembakan tiga angka yang mereka buat.
Di satu sisi, Blazers hanya mampu melesakkan tujuh dari 28 tembakan tiga angka. Hal ini cukup disayangkan, mengingat pemain andalan mereka, Damian Lillard, berhasil tampil beringas dengan catatan 32 poin.
ADVERTISEMENT
Hasil Lengkap NBA, Kamis (24/10/2019) Pagi WIB
Chicago Bulls 125-116 Charlotte Hornets
Detroit Pistons 119-100 Indiana Pacers
Cleveland Cavaliers 85-94 Orlando Magic
Boston Celtics 93-107 Philadelphia 76ers
Memphis Grizzlies 101-120 Miami Heat
Minnesota Timberwolves 127-126 Brooklyn Nets
Washington Wizards 100-108 Dallas Mavericks
New York Knicks 111-120 San Antonio Spurs
Oklahoma City Thunder 95-100 Utah Jazz
Denver Nuggets 108-100 Portland Trail Blazers
Sacramento Kings 95-124 Phoenix Suns