kumparan
21 Februari 2019 23:06

PB Djarum Juara Grup, Musica Trinity Keok di Partai Penutup

Akbar Bintang Cahyono dan Berry Angriawan mewakili Djarum Kudus di Superliga Badminton 2019. Foto: Dok. PBSI
Sempat unggul terlebih dahulu, Jaya Raya Jakarta akhirnya dipaksa menyerah oleh PB Djarum Kudus dalam pertandingan pemungkas fase grup Djarum Superliga Badminton 2019 Grup B. Dalam pertandingan yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung, Kamis (21/2/2019) sore WIB, PB Djarum menang dengan skor 3-1.
ADVERTISEMENT
Hasil ini memang tidak menentukan kelolosan karena sebelumnya Jaya Raya dan PB Djarum sama-sama sudah memastikan satu tiket semifinal. Meski demikian, hasil ini menjadi penentu siapa yang berhak duduk di puncak klasemen akhir fase grup dan siapa yang kudu puas menjadi runner-up. Keluar sebagai pemenang di laga ketiga, PB Djarum pun berhak menyandang status juara grup.
Tunggal pertama Jaya Raya, Tommy Sugiarto, berhasil memenangi pertandingan pertama yang mempertemukannya dengan Ihsan Maulana. Ihsan takluk 16-21 pada gim pertama sebelum menyamakan kedudukan lewat kemenangan 21-15 di gim kedua. Akan tetapi, pada gim penentuan Tommy mengamuk dan menutup laga dengan kemenangan telak 21-18.
Sayangnya, apa yang dilakukan Tommy itu tak bisa diikuti oleh rekan-rekannya. Pada gim kedua yang memaksa Marcus Gideon bertanding melawan Kevin Sanjaya, Jaya Raya takluk. Marcus yang berpasangan dengan Hendra Setiawan mewakili Jaya Raya. Sementara, Kevin yang berpasangan dengan Mohammad Ahsan bermain untuk PB Djarum. Pertandingan ini dimenangi PB Djarum dua gim langsung, 21-15 dan 21-17.
ADVERTISEMENT
Setelah skor imbang 1-1, PB Djarum memenangi dua pertandingan berikutnya. Tunggal kedua Djarum Kudus, Shesar Hiren Rhustavito, sukses menundukkan pebulu tangkis asal Vietnam, Nguyen Tien Minh, dengan skor 21-10, 19-21, dan 21-10 untuk membawa timnya berbalik unggul.
Lalu, pada pertandingan keempat, Akbar Bintang Cahyono dan Berry Anggriawan dari PB Djarum menang straight game atas pasangan andalan Jaya Raya, Angga Pratama/Muhammad Rian Ardianto. Akbar dan Berry menang dengan skor 21-17 dan 21-18 untuk mempersembahkan kemenangan bagi PB Djarum.
Musica Trinity Keok, Berkat Abadi Menang Susah Payah
Musica Trinity sudah memastikan kelolosan ke semifinal sejak matchday kedua lalu. Sayangnya, pada pertandingan penutup fase grup, mereka harus mengakui keunggulan tim asal Malaysia, Sports Affairs, dengan skor akhir 1-3.
ADVERTISEMENT
Satu-satunya pebulu tangkis Musica Trinity yang sanggup meraih kemenangan adalah sang tunggal pertama, Jonatan Christie. Bermain menghadapi Chong Wei Feng, Jonatan menang mudah 21-12 dan 21-13. Langkah Jonatan itu tidak bisa diikuti oleh rekan-rekannya.
Jonatan Christie di Djarum Superliga Badminton 2019. Foto: Dok. PBSI
Ganda pertama Musica Trinity, Fajar Alfian/Lee Yong Dae, kalah rubber game melawan Moh. Arif Ab Latif Arif/Nur Mohd Ayub Azriyn, dengan skor 13-21, 22-20, dan 19-21. Lalu, tunggal kedua Sai Praneeth Bhamidipati takluk 16-21 dan 19-21 dari Zeng Yoe Yeoh. Terakhir, ganda kedua Ade Yusuf Santoso/Vladimir Ivanov kalah tiga gim 21-7, 18-21, dan 20-22 melawan Lin Shang Kai/Tseng Min Hao.
Meski kalah, Musica Trinity tetap berhak atas posisi puncak klasemen Grup A. Di bawahnya, menguntitlah Berkat Abadi yang pada pertandingan terakhir sukses menang atas Daihatsu Astec.
ADVERTISEMENT
Berkat Abadi boleh saja keluar sebagai pemenang tetapi langkah mereka meraih itu tidaklah mudah karena kehilangan dua pertandingan secara beruntun ketika sudah unggul dua poin. Keunggulan dua poin Berkat Abadi itu awalnya berasal dari kemenangan Brice Leverdez dan Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro. Leverdez mengalahkan Vicky Angga Saputra 21-14 dan 21-14, Kenas/Rian menang atas Daniel Marthin/Leo Rolly Carnando 21-17 dan 21-14.
Sesudah unggul, Berkat Abadi menelan dua kekalahan. Panji Ahmad Maulana ditundukkan Gatjra Piliang Fiqiliahi 15-21 dan 13-21. Sedangkan, Agripinna Prima Rahmanto Putra/Lukhi Apri Nugroho dipaksa menyerah oleh Pramudya Kusumawardana Riyanto/Yeremia Erich Yoche Yacob dengan skor 19-21 dan 19-21.
Pada partai kelima barulah Berkat Abadi bisa memastikan kemenangan. Untuk itu mereka wajib berterima kasih pada Wisnu Yuli Prasetyo yang berhasil menundukkan Iqbal Aji Tri Pamungkas dengan skor 21-19 dan 21-10.
ADVERTISEMENT
Pada babak semifinal nanti, juara Grup A, Musica Trinity, akan berhadapan dengan runner-up Grup B, Jaya Raya. Sementara, Berkat Abadi sudah ditunggu PB Djarum Kudus.
Klasemen Akhir Nomor Putra Djarum Superliga Badminton 2019
Grup A
Musica Trinity
Berkat Abadi
Sports Affairs
Daihatsu Astec
Grup B
PB Djarum Kudus
Jaya Raya Jakarta
Hitachi
Jatim United
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan