Bola & Sports
·
3 Mei 2021 16:31

Persiapan Satria Duta Jelang Piala Ketua MPR: Latihan Minimal 5 Jam

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Persiapan Satria Duta Jelang Piala Ketua MPR: Latihan Minimal 5 Jam (929170)
searchPerbesar
Satria Duta, pemain catur cilik. Foto: Istimewa/Dok Pribadi Keluarga Duta Satria
Satria Duta akan mengikuti turnamen catur Piala Ketua MPR bulan Juni mendatang. Dalam turnamen tersebut, beberapa pecatur hebat Tanah Air seperti GM Susanto Mergaranto dan WGM Irene Kharisma akan ikut ambil bagian.
ADVERTISEMENT
Untuk mengarungi turnamen tersebut, Satria Duta melakukan beberapa persiapan. Salah satunya latihan yang cukup rutin untuk mengasah kemampuannya.
"Untuk persiapan, saat ini Duta terus berlatih catur minimal 5 jam per hari. Sekarang masih sendiri. Uji coba saat ini dilakukan melalui pertandingan dan turnamen online," ucap Ayah Satria Duta, Aar Sumardiono saat berbincang dengan kumparan, Senin (3/5).
Persiapan Satria Duta Jelang Piala Ketua MPR: Latihan Minimal 5 Jam (929171)
searchPerbesar
Satria Duta, pemain catur cilik. Foto: Istimewa/Dok Pribadi Keluarga Duta Satria
Turnamen Piala Ketua MPR ini akan terselenggara pada Juni mendatang. Turnamen ini akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua MPR RI dan Piala Tetap Menteri Pemuda dan Olahraga. Nantinya, turnamen tersebut akan diiikuti oleh 20 peserta Grandmaster dan Master International.
Orang tua Satria Duta bahkan tidak menyangka kalau anaknya yang masih berusia 13 tahun akan ikut turnamen yang diisi pecatur-pecatur hebat.
ADVERTISEMENT
"Saya terus terang juga masih terkejut ini. Kami tidak tahu bagaimana proses pengambilan keputusan di panitia. Beberapa waktu yang lalu kami memang sempat dihubungi oleh WGM Irene Sukandar tentang hal ini," tutup Aar.
Sebelumnya, nama Satria Duta mencuat usai menjadi pecatur termuda yang mengalahkan Gothamchess melalui Chess.com. Dalam satu kesempatan, Gothamchess bahkan tak segan memuji Satria dan memprediksinya akan menjadi GM Indonesia selanjutnya.
"Pecatur muda (Satria Duta) yang brilian dari Indonesia ini berpotensi menjadi Grandmaster besar berikutnya. Saya berharap yang terbaik untuk Satria dan keluarganya. Saya pun berharap dia bisa menjadi pecatur nomor 1 di negaranya," ujar Levy ketika itu.
***