kumparan
10 Oktober 2018 14:59

Pesan Jokowi Saat Bertemu Miftahul Jannah: Sehat Selalu Ya

Jokowi, Miftahul Jannah, Aceh
Presiden Jokowi bertemu dengan pejudo asal Aceh, Miftahul Jannah. (Foto: Yudhistira Amran Saleh/kumparan)
Presiden Joko Widodo turut menyaksikan pertandingan angkat besi Asian Para Games di Balai Sudirman, Jakarta, Rabu (10/10/2018) siang WIB. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi sempat bersua atlet judo yang menjadi perbincangan publik belakangan, Miftahul Jannah
ADVERTISEMENT
Bertemu orang nomor satu di Tanah Air, Miftahul memberikan respek dengan mencium tangan Jokowi. Keduanya juga terlibat dalam percakapan beberapa saat.
"Apa kabar? Sehat selalu, ya," kata Jokowi kepada Miftahul.
Miftahul tampak tersenyum saat disapa Jokowi. Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang ada di samping Jokowi menjelaskan bahwa Miftahul didiskualifikasi karena hijab. Jokowi lalu terlihat menganggukkan kepala dan memberikan semangat kepada Miftahul.
Ya, Miftahul didiskualifikasi oleh juri karena enggan membuka hijab saat bertanding di cabang olahraga judo Asian Para Games 2018 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta.
Miftahul Jannah, atlet judo, asian para games
Pejudo putri Indonesia Miftahul Jannah (tengah) berunding dengan perangkat pertandingan sebelum bertanding di kelas kelas 52 kg blind judo Asian Para Games 2018 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (8/10). (Foto: ANTARA FOTO/BOLA.COM/M Iqbal Ichsan)
Wakil ketua KONI Aceh Barat Daya (Abdya) Alamsyah yang mendampingi Miftah, membenarkan kejadian tersebut. Kata dia, Miftah menolak bertanding jika harus melepaskan hijab.
ADVERTISEMENT
Miftahul bilang bahwa dirinya sudah berjanji kepada Allah untuk tidak membuka hijabnya. Sehingga dia lebih baik mengundurkan diri daripada harus buka hijab,” kata Alamsyah saat dihubungi kumparan, Senin (8/10).
Sementara itu, untuk pertandingan angkat besi yang disaksikan Jokowi, dua atlet Indonesia meraih peringkat kedua. Juara direbut oleh dua atlet China.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan