Bola & Sports
·
21 Februari 2021 14:19

Petarung UFC Ini Gagal Timbang Badan & Bertarung: Gara-gara Saya Makan Salmon

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Petarung UFC Ini Gagal Timbang Badan & Bertarung: Gara-gara Saya Makan Salmon (788891)
searchPerbesar
Petarung UFC Rafael Alves Foto: Instagram/@rafaeltheturn
Rafael Alves harus mengubur harapannya untuk bisa berlaga di UFC Vegas 19 melawan Pat Sabatini pada Minggu (21/2) malam. Hal itu menyusul kegagalan petarung berjuluk The Turn ini dalam timbang badan.
ADVERTISEMENT
Alves yang bertarung di kelas bulu ini dinyatakan kelebihan berat badan hingga 52 kg. Catatan itu bahkan menjadi kelebihan berat badan terbesar sepanjang sejarah UFC.
Lantas, mengapa hal itu bisa terjadi?
Diwartakan MMA Fighting, Alves mengaku semua gara-gara ia makan salmon pada beberapa hari jelang timbang badan. Hal itu akhirnya berdampak kepada berat badannya yang naik dari batas maksimal 88 kg.
"Saya makan salmon dan sakit setelahnya, saya muntah dan diare. Dokter akhirnya menganjurkan saya banyak minum air mineral," ujar Alves.
"Sebenarnya, saya hanya tinggal menurunkan 2 kg lagi, tapi ketika saya banyak minum air, berat badan saya naik dan sulit turun lagi. Jadi, dokter tidak mengizinkan saya untuk bertanding," lanjutnya.
ADVERTISEMENT
Alves mengaku pekan sebelumnya, berat badannya sudah ideal yakni 88 kg. Pertarungan melawan Sabatini pun seharusnya menjadi laga terakhirnya di kelas bulu sebelum kembali ke kelas ringan.
Meski gagal dalam timbang badan, petarung 29 tahun itu yakin UFC tak akan mendepaknya. Pasalnya, kegagalan timbang badan pernah terjadi sebelumnya.
"Mereka (UFC) tidak akan memecat saya karena mereka harus mengganti lawan saya dan sekarang sedang mencarinya. Beberapa orang bilang lawan saya dari 155 (kelas ringan), tapi ada yang berkata 145 (kelas bulu)," kata Alves.
"Saya tidak mau fokus ke lawan yang akan saya hadapi atau pun berat badan saya. Tapi, saya akan bertarung di 155 sekarang, dan tidak ada seorang pun yang bisa menghentikan saya." ucapnya.
ADVERTISEMENT
Petarung asal Brasil ini menyadari kegagalan dalam timbang badan tersebut menimbulkan kritik. Akan tetapi, ia yakin akan comeback lebih baik lagi.
"Saya bersyukur UFC tidak memecat saya, sehingga saya akan kembali sesegera mungkin. Mereka bilang saya seorang yang akan memberikan banyak keuntungan kepada UFC," pungkasnya.
Alves merupakan satu dari empat petarung yang gagal dalam timbang badan di Vegas 19.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white