kumparan
25 Mei 2018 21:27 WIB

Piala Uber: Tangan Dingin Rexy Mainaky Bantu Thailand ke Final

Tunggal putri Thailand, Nitchaon Jindapol. (Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)
Sejarah dibuat oleh Tim Uber Thailand. Untuk pertama kalinya, Ratchanok Intanon dan kawan-kawan melaju ke final Piala Uber.
ADVERTISEMENT
Semakin hebat, karena Thailand berhasil mengalahkan juara bertahan China di semifinal. Ya, Thailand menang tipis dengan skor 3-2. Keunggulan Thailand diawali oleh tunggal pertamanya Ratchanok yang berhasil mengalahkan Chen Yufei tiga gim langsung 15-21, 21-9, dan 21-14.
China berhasil menyamakan kedudukan pada ganda pertamannya. Chen Qingchen/Jia Yifan berhasil mengalahkan Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dua gim 21-17, 22-20.
Berhasil disamakan tak membuat Thailand patah arang. Tunggal kedua mereka, Nitchaon Jindapol berhasil tampil apik dan menyumbangkan angka untuk Thailand. Bermain menghadapi Gao Fangjie, Jindapol menang dengan skor 19-21, 21-19, dan 21-12.
Unggul 2-1, Thailand malah kembali kalah di sektor gandanya. Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai takluk dari Huang Yaqiong/Tang Jinhua dalam pertarungan tiga gim. Pasangan Thailand itu kalah 26-24, 17-21, dan 18-21.
ADVERTISEMENT
Skor 2-2 membuat tunggal ketiga menjadi laga penentuan. Dalam laga kali ini, Thailand memainkan Busanan Ongbamrungphan untuk menghadapi Li Xuerui.
Dukungan penonton yang memenuhi Impact Arena membuat Busanan menang dengan skor 21-11 dan 21-9. Thailand pun berhak melaju ke final setelah menang 3-2.
Hasil baik yang diterima Thailand tak lepas dari kinerja pelatih asal Indonesia, Rexy Mainaky. Rexy, yang merupakan legenda bulu tangkis Indonesia itu, belum lama menangani Thailand. Federasi bulu tangkis Thailand baru menunjuk Rexy pada Januari tahun lalu.
Loading Instagram...
Pelan-pelan Rexy berhasil membangun kekuatan putri Thailand. Dan hasilnya didapatkan pada ajang Piala Uber tahun ini. Kebetulan juga, Thailand menjadi tuan rumah di turnamaen dua tahunan kali ini.
ADVERTISEMENT
Dalam pertandingan final nanti, Thailand akan berhadapan dengan Jepang. Mampukah Rexy mempersembahkan gelar perdana untuk tim Uber Thailand?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan