kumparan
10 Mei 2018 15:01

Playoff NBA: Kalahkan Sixers, Celtics Menjejak Final Wilayah Timur

Jayson Tatum
Tatum melakukan lay-up di depan pemain Sixers. (Foto: Greg M. Cooper/Reuters)
Satu tempat di partai final Wilayah Timur NBA dipastikan menjadi milik Boston Celtics usai mengalahkan Philadelphia Sixers 4-1.
ADVERTISEMENT
Kepastian ini didapatkan usai Celtics mengandaskan perlawanan Sixers di TD Garden pada gim kelima semifinal Wilayah Timur dengan skor 114-112. Dengan hasil tersebut, Celtics bakal bersua dengan Cleveland Cavaliers di partai puncak Wilayah Timur.
Di sisi lain, kekalahan ini membuyarkan ambisi Sixers untuk mencapai final Wilayah Timur pertamanya sejak 2011/12.
Jayson Tatum yang menjadi pendulang poin terbanyak selama semifinal diturunkan sebagai starter. Untuk mendukung Tatum, pelatih Brad Stevens menurunkan Al Harford, Aron Baynes, Terry Rozier, dan Jaylen Brown.
Hal serupa juga dilakukan oleh Brett Brown. Susunan terbaik Sixers, Dario Saric, Jonathan Clay ‘J. J.’ Redick, Joel Embiid, Timothy John ‘T.J.’ McConnell, dan Ben Simmons diturunkan sejak menit pertama untuk sebanyak-banyaknya mendulang poin.
ADVERTISEMENT
Pilihan Stevens ternyata lebih tepat. Celtics mendominasi kuarter pertama dan sempat mencatatkan keunggulan dengan perbedaan 10 poin. Mereka menutup kuarter pertama dengan keunggulan 25-24.
Keunggulan tersebut membuat Sixers bermain lebih ofensif. Sayangnya, Celtics bermain lebih rapi. Mereka bahkan menutup kuarter kedua dengan keunggulan 61-52. Pada kuarter kedua, Tatum menyumbangkan 14 poin dan menjadi penyumbang poin terbanyak.
Sixers berpeluang memperkecil perbedaan lewat tripoin Redick. Kegagalan tersebut membuat konsentrasi mereka semakin meningkat. Sixers pada akhirnya menutup kuarter ketiga dengan skor 83-82.
Sixers sempat mengungguli Celtics 103-102 di awal kuarter keempat lewat tripoin Saric. Keunggulan tersebut ternyata tak bertahan hingga kuarter keempat berakhir. kuarter keempat pertandingan ini berakhir dengan skor 114-112.
Raut kegembiraan terlihat usai laga. Dua penyumbang poin terbanyak Celtics, Tatum dan Harford, mengaku bahwa pencapaian ini adalah bukti bahwa mereka tak akan menyerah hingga pertandingan benar-benar berakhir.
ADVERTISEMENT
“Saya merasa bahwa kami tak punya mental untuk menyerah. Itu terlihat dari bagaimana kami bangkit setelah sempat tertinggal,” kata Tatum kepada Boston Globe. “Kami selalu percaya bahwa apabila kami berusaha, kemenangan bukan hal sulit untuk didapatkan.”
Raut berbeda tampak dari wajah pemain-pemain Sixers. Salah satu penampil terbaik Sixers, McConnell merasa bahwa mereka tak pantas kalah karena telah menunjukkan semua kemampuan terbaiknya.
“Jujur saja, saya merasa bahwa kami telah mengeluarkan semua apa yang kami punya untuk memenangi pertandingan ini. Sayangnya, hal tersebut tak berimbas pada hasil akhir. Ini memang menyedihkan,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan