Bola & Sports
·
2 Januari 2021 8:27

Profil Alex Asmasoebrata, Tokoh Balap Nasional yang Berkiprah Sebagai Politisi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Alex Asmasoebrata, Tokoh Balap Nasional yang Berkiprah Sebagai Politisi (13326)
Alex Asmasoebrata. Foto: https://twitter.com/asmasoebrata86
Indonesia ditinggal salah satu tokoh balap mobil nasional. Alex Asmasoebrata meninggal dunia pada usia 69 tahun, Sabtu (2/1) dini hari WIB.
ADVERTISEMENT
Alex meninggal dunia saat mendapat perawatan di RSCM Kencana, Jakarta. Ia dirawat karena masalah gula darah.
Pria asal Sumedang itu terkenal sebagai tokoh balap nasional berkat prestasinya memenangi juara nasional balap mobil. Selain itu, ia adalah ayah dari pebalap putri, Alexandra Asmasoebrata.
Jebolan Sekolah Balap Brands Hatch itu tak cuma turun di dunia balap mobil. Alex sempat mengisi pos Ketua Harian Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI). Ia juga pernah mencoba maju sebagai Ketua KONI pada 2017, namun gagal meraih posisi itu.
Profil Alex Asmasoebrata, Tokoh Balap Nasional yang Berkiprah Sebagai Politisi (13327)
Alex Asmasoebrata. Foto: Ainul Qalbi/kumparan
Kiprahnya tak berhenti di dunia olahraga saja. Alex juga meramaikan dunia politik Indonesia. Dia sempat menjadi bagian PDI dan PDI Perjuangan. Tetapi, bergabung ke Partai Demokrat sejak 2002.
ADVERTISEMENT
Dalam wawancara dengan Kompas, Alex pernah mengungkap kekecewaan kepada Megawati Soekarnoputri. Kekecewaan itu pula yang mendorongnya menjadi pendukung SBY-Boediono pada 2009.
Ia pun menjadi anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi pada pemilihan presiden Indonesia teranyar.
Menariknya, Alex memang datang dari keluarga politisi. Ia adalah anak kedua dari Ipik Asmasoebrata, mantan pejuang Kemerdekaan Indonesia yang kemudian berkiprah di dunia politik.
Belakangan ini, kesehatan Alex memang dikabarkan memburuk. Sejumlah tokoh, seperti Sandiaga Uno dan Anies Baswedan sempat mengunjungi dia untuk memberi semangat.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)