Bola & Sports
·
31 Januari 2021 19:32

Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra (48972)
searchPerbesar
Ganda putra Chinese Taipei (Taiwan), Lee Yang/Wang Chi-Lin. Lee sebelah kanan. Foto: STR / AFP
Lee Yang/Wang Chi-Lin mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (Ahsan/Hendra) di partai puncak BWF World Tour Finals, Minggu (31/1). Mereka menang dua gim langsung: 17-21, 21-23.
ADVERTISEMENT
Mereka menampilkan performa jempolan. Ahsan/Hendra pun mengakuinya.
Secara tenaga dan agresivitas, Lee/Wang amat unggul atas Ahsan/Hendra. Wang seringkali melepas smash keras, Lee beberapa kali menampilkan aksi pertahanan atraktif.
Dengan begini, ganda Taiwan itu menyabet tiga gelar juara di Januari 2021. Sebelumnya, mereka juga telah menjuarai YONEX Thailand Open dan Toyota Thailand Open.

Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra

Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra (48973)
searchPerbesar
Ganda putra Chinese Taipei (Taiwan), Lee Yang/Wang Chi-Lin. Foto: Wang Zhao/AFP
Lee Yang/Wang Chi-Lin sebetulnya adalah pasangan yang terbilang baru. Mereka baru dipasangkan pada 2019.
Sebelumnya, Lee Yang dipasangkan dengan berbagai nama, seperti Lee Jhe-Huei dan Hsu Ya-Ching. Bersama nama yang disebut pertama, atlet kelahiran 25 Agustus 1995 ini meraih medali perunggu Asian Games 2018 sebagai salah satu prestasi terbaiknya.
ADVERTISEMENT
Nama yang disebut kedua adalah perempuan. Ya, bersama Hsu, Lee pernah menjuarai ganda campuran World University Championships 2016.
Di sisi lain, Wang Chi-Lin juga pernah berprestasi di sektor ganda campuran, yakni pada ajang Summer Universiade 2017--turnamen tingkat mahasiswa/siswa. Dia memenanginya bersama Lee Chia-Hsin, lalu ia dan Lee Yang juga berada dalam tim Taiwan yang meraih medali emas di kategori grup ajang yang sama.
Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra (48974)
searchPerbesar
Wang Chi-Lin dan Chen Hung-Ling. Foto: Instagram/@chilinwang
Setelahnya, Wang dipasangkan dengan Chen Hung-Ling. Bersama Ling, atlet kelahiran 18 Januari 1995 ini menjuarai dua ajang yang diperhitungkan untuk BWF World Tour: New Zealand Open dan Chinese Taipei Open 2018. Pada tahun yang sama, Wang/Chen meraih medali perunggu Asian Games dan Kejuaraan Dunia.
Khusus di New Zealand Open 2018, Wang meraih gelar ganda. Di sektor ganda campuran, ia dan Lee Chia-Hsin menjadi juara.
ADVERTISEMENT
Kerja sama Lee dan Wang baru dimulai sejak 2019. Mereka menjadi mitra yang klop dan kuat. Banyak prestasi yang mereka raih, di antaranya: Spain Masters 2019, Orleans Masters 2019, India Open 2019, Korea Masters 2019, dan tiga gelar yang mereka raih di awal tahun ini.
Omong-omong, dua orang ini pernah saling berhadapan, lho. Pada Chinese Taipei Open 2017, Lee Yang dan Lee Jhe-Huei dikalahkan Wang dan Chen di final.
Profil Lee Yang/Wang Chi-Lin, Ganda Taiwan yang Kalahkan Ahsan/Hendra (48975)
searchPerbesar
Lee Yang/Wang Chi-Lin. Foto: Instagram/@leeyang0812
Kini, Lee Yang dan Wang Chi-Lin menjelma menjadi mitra sejati, menempati ranking tujuh dunia BWF kategori ganda putra. Di final BWF World Tour Finals edisi 2020, ganda Taiwan ini mengalahkan idola mereka, Ahsan/Hendra.
Namun, tiga gelar ini harusnya enggak membikin mereka berpuas diri. Sebab, tiga ajang ini tak diikuti ganda putra terbaik dunia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon; serta kontingen China dan Jepang.
ADVERTISEMENT