Bola & Sports
·
30 November 2020 11:59

Profil Lester Prosper, Debutan Timnas Basket yang Langsung Jadi Top Performer

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Profil Lester Prosper, Debutan Timnas Basket yang Langsung Jadi Top Performer (105498)
searchPerbesar
Pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia, Lester Prosper. Foto: Facebook/ @Lester Prosper
Lester Prosper tampil mengesankan untuk Timnas Basket Indonesia saat menghadapi Thailand di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021, Sabtu (28/11) malam. Ini adalah debutnya sebagai pemain naturalisasi Indonesia.
ADVERTISEMENT
Dari jumlah raihan poin, Prosper memang kalah dari Brandon Jawato dan Abraham Damar Grahita (22 poin). Walau begitu, kehadirannya di lapangan Khalifa Sports City Stadium, Bahrain, itu menjadi kekuatan lain bagi Indonesia.
Selain mencetak 19 poin, Prosper juga mencetak 13 rebounds (terbanyak untuk Indonesia di laga itu), 3 assists, 2 steals. Alhasil, FIBA memilihnya sebagai "Top Performer" dari laga yang berkesudahan 90-76 untuk kemenangan Indonesia tersebut.
Baru satu laga saja Prosper sudah tampil mengesankan. Dia dan Jawato memang amat diharapkan menjadi kekuatan tambahan bagi Timnas Basket Indonesia.

Profil Lester Prosper

Profil Lester Prosper, Debutan Timnas Basket yang Langsung Jadi Top Performer (105499)
searchPerbesar
Lester Prosper. Foto: Instagram/@fibaasiacup
Dari mana asal Lester Prosper sebelum dinaturalisasi Indonesia? Menurut Basketball Real GM, dia lahir di Roseau, Dominica, pada 21 September 1988.
ADVERTISEMENT
Prosper melakoni dunia basket kampus bersama Old Westbury Panthers, tim basket sebuah kampus bernama SUNY Old Westbury yang berada di New York, Amerika Serikat. Dia bermain di sana selama empat musim (2007-2011).
Prosper gagal mencoba peruntungan di NBA. Pada 23 Juni 2011, dia diumumkan tidak terdaftar di NBA Draft 2011.
Alhasil, Prosper memilih jalan karier untuk kariernya, menuju Eropa. Sepanjang 2011-2012, dia tercatat pernah membela MBK Handlova (Slovakia), BC Prievidza (Slovakia), Norrkoping (Swedia).

Lester Prosper gagal ke NBA (lagi), bertualang ke mana-mana

Profil Lester Prosper, Debutan Timnas Basket yang Langsung Jadi Top Performer (105500)
searchPerbesar
Calon pemain naturalisasi Timnas Basket Indonesia, Lester Prosper. Foto: Facebook/ @Lester Prosper
Pada periode 2012-2013, Prosper kembali ke kawasan Amerika Utara. Bukan ke Amerika Serikat, melainkan ke Kanada dan dia membela tiga tim berbeda yang bermain di Liga Basket Nasional Kanada: Windsor Express, Moncton Magic, Mississauga Power.
ADVERTISEMENT
Pada November 2013, Prosper sempat kembali menemukan jalan ke NBA. Kali ini, dia dipilih oleh tim NBA G League (Liga Pengembangan NBA), Maine Red Claws.
Namun, mereka hanya menempatkannya dalam status "waivers". Dalam kontrak olahraga di Amerika Utara, waivers adalah jenis kontrak dalam jangka waktu tertentu, tetapi tim lain dapat mengajukan klaim untuk mengontraknya.
Akhirnya, Prosper melanglang buana, membela sejumlah tim di berbagai negara: Cheshire Phoenix (Britania Raya), Saenz Horeca Araberri (Spanyol), Halcones Ciudad Obregon (Meksiko), Worcester Wolves (Inggris) Llaneros Gaiteros (Venezuela), Columbian DYIP (Filipina).

Lester Prosper di Indonesia

Profil Lester Prosper, Debutan Timnas Basket yang Langsung Jadi Top Performer (105501)
searchPerbesar
Center Indonesia Patriots, Lester Prosper. Foto: Dok. IBL
Kiprah pertama Lester Prosper di Indonesia adalah membela Indonesia Patriots di IBL Pertamax 2020. Ini adalah Tim Nasional Indonesia yang akan berlaga di event Internasional untuk mewakili negara Indonesia, tetapi juga berlaga di IBL.
ADVERTISEMENT
Statusnya sebelumnya adalah pemain asing berpaspor Amerika Serikat. Namun, sejak November 2020, dia dan Jawato sudah menjadi warga negara Indonesia.

Berapa tinggi Lester Prosper?

Selain karena skill-nya, Lester Prosper dipilih untuk dinaturalisasi juga atas pertimbangan tinggi badannya. Indonesia butuh pemain tinggi sebagai center dan Prosper cocok untuk itu.
Berapa tinggi Prosper? Tinggi Prosper mencapai 6'10 kaki.
Kalau dikonversi ke sentimeter datanya berbeda-beda: 208 cm (versi Basketball Real GM), 209 cm (IBL), 207 cm (FIBA).
----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020