kumparan
search-gray
Bola & Sports1 Juni 2020 21:32

Resmi: MotoGP Jepang 2020 Dibatalkan karena Pandemi COVID-19

Konten Redaksi kumparan
Marquez vs Dovizioso
Duel antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso di MotoGP Jepang. Foto: REUTERS/Toru Hanai
Dorna Sports, pada Senin (1/6/2020), mengumumkan bahwa MotoGP Jepang musim 2020 resmi dibatalkan karena pandemi virus corona.
ADVERTISEMENT
Keputusan ini menambah daftar panjang penundaan dan pembatalan balapan MotoGP 2020. Beberapa hari sebelumnya, Dorna Sports mengumumkan bahwa MotoGP Inggris dan MotoGP Australia dibatalkan.
Menurut jadwal awal, rangkaian MotoGP Jepang seharusnya digelar pada 16-18 Oktober 2020 di Sirkuit Twin Ring Motegi.
"FIM, IRTA, dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan MotoGP Motul Jepang karena pandemi COVID-19 yang terjadi sekarang. Seharusnya ajang ini digelar pada 16-18 Oktober 2020 di Sirkuit Ring Motegi," bunyi pernyataan Dorna Sports, dikutip dari laman resmi MotoGP.
"Keberadaan Jepang yang merupakan rumah manufaktur tim-tim MotoGP, yaitu Honda, Yamaha, dan Suzuki, vital bagi eksistensi dan kesuksesan MotoGP secara global," lanjut pernyataan tersebut.
Rangkaian pembatalan dan penundaan balapan MotoGP 2020 dimulai pada 2 Maret 2020. Ketika itu, seri pertama kompetisi musim ini, GP Qatar, dibatalkan karena pandemi.
Marc Marquez
Marc Marquez mencoba menyalip Dovizioso. Foto: REUTERS/Lisi Niesner
Keputusan itu diambil demi memutus penyebaran virus corona. Pembatalan GP Jepang pada akhirnya membuat kompetisi musim ini menyisakan sembilan jadwal balapan.
ADVERTISEMENT
Kesembilan balapan tersebut adalah: GP Republik Ceko (9 Agustus), GP Austria (16 Agustus), GP San Marino (13 September), GP Aragon (27 September), GP Thailand (4 Oktober), GP Malaysia (1 November), GP Amerika Serikat (15 November), GP Argentina (22 November), dan GP Valencia (29 November).
Meski demikian, masih ada empat balapan lagi yang ditunda alias menunggu jadwal terbaru. Keempat balapan tersebut adalah: GP Spanyol, GP Prancis, GP Italia, dan GP Catalunya.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white