Bola & Sports
·
22 Juli 2021 17:57
·
waktu baca 2 menit

RI Diwakili 10 Orang saat Pembukaan Olimpiade 2020, Ini Nama-namanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
RI Diwakili 10 Orang saat Pembukaan Olimpiade 2020, Ini Nama-namanya (39561)
searchPerbesar
Olimpiade Tokyo 2020. Foto: kumparan
Olimpiade Tokyo 2020 segera bergulir. Acara pembukaan akan digelar pada Jumat (23/7) dan mulai pukul 20:00 waktu Jepang. Indonesia pun akan turut ambil bagian dalam momen tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun tentunya, acara pembukaan Olimpiade kali ini akan berbeda dengan sebelumnya. Karena situasi pandemi COVID-19, acara pembukaan digelar tanpa penonton. Namun, menurut laporan Time, ada 10.000 tamu undangan yang akan hadir di acara pembukaan.
Negara-negara yang tampil pun tidak akan melakukan parade besar-besaran seperti yang dilakukan pada edisi-edisi sebelumnya. Indonesia hanya bisa mengirim 10 orang untuk melakukan parade tersebut.
"Rencananya besok tanggal 23 Juli akan ada pembukaan seremoni Olimpiade Tokyo 2020 dan kami Indonesia termasuk melakukan parade itu yang direncanakan maksimum 10 orang saja," ucap Chef de Mission (CdM) Rosan Roeslani dalam konferensi pers, Kamis (22/7).
RI Diwakili 10 Orang saat Pembukaan Olimpiade 2020, Ini Nama-namanya (39562)
searchPerbesar
Stadion Nasional Jepang, tempat utama Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang. Foto: Behrouz MEHRI / AFP
"Kami juga memastikan terutama untuk cabang olahraga yang bertanding di hari setelah pembukaan agar atlet-atletnya tidak diikutsertakan karena kita harus menjaga fisik kesehatan para atlet," tambahnya.
ADVERTISEMENT
Rosan menerangkan bahwa 10 orang yang akan melakukan parade tak semuanya atlet. Ada pula pelatih dari sejumlah cabang olahraga.
"Kita total ada 10 orang itu sudah termasuk saya dan termasuk pembawa dua orang pembawa bendera yang direncanakan, Nurul Akmal dari angkat besi dan Rio dari cabang surfing," ungkap Rosan.
"Ada Fadlan dan Aza dari cabang renang. Kemudian, coach renang Pak Harlin dan coach Donny. Lalu surfing Mas Tipi. Kemudian, dari bulu tangkis ada Mas Mainaky dan juga ada coach Dirdja," sambung dia.

Berikut nama perwakilan Indonesia di Pembukaan Olimpiade 2020:

1. Rosan P Roeslani (Chef de Mission/CdM)
2. Nurul Akmal (atlet angkat besi)
3. Aflah Fadlan Prawira (atlet renang)
4. Azzahra Permatahani (atlet renang)
ADVERTISEMENT
5. Rio Waida (atlet surfing)
6. Dirdja Wihardja (pelatih angkat besi)
7. Rionny Mainaky (pelatih bulu tangkis)
8. Halin Rahardjo (manajer tim renang)
9. Donny Budiarto Utomo (pelatih renang)
10. Tipi Jabrik Noventin (pelatih surfing)