kumparan
13 Agustus 2019 21:04

Rugbi Mengetuk Pintu KOI

Asia Rugby Sevens Trophy 2019
Skuat Indonesia di Asia Rugby Sevens Trophy 2019. Foto: DOK. PB Persatuan Rugby Union Indonesia
Olahraga rugbi menunjukkan taringnya. Pada pergelaran Asia Rugby Sevens Trophy 2019, 10-11 Agustus, di Rugby Field Kompleks Gelora Bung Karno, timnas putra dan putri menduduki peringkat 10 besar.
ADVERTISEMENT
Timnas putra Indonesia bertengger di peringkat enam. Sementara timnas putri malah berhasil meraih medali perunggu.
Pencapaian itu makin menguatkan citra rugbi agar bisa populer di Indonesia. Selain itu, catatan apik tersebut sekaligus menegaskan kelayakan rugbi dikirim ke SEA Games 2019 di Filipina.
“Ini merupakan penghargaan. Indonesia dipilih sebagai tuan rumah Asia Rugby Sevens Trophy. Asian Rugby Football Union (Federasi Rugbi Asia) menilai Indonesia sudah siap. Itu alasan mengapa Indonesia dijadikan tuan rumah,” ujar Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI), Didik Mukrianto.
Meski baru mendapatkan prestasi mentereng, rugbi belum mendapat restu KOI (Komite Olimpiade Indonesia) untuk ke SEA Games. Padahal, Didik mengaku Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sudah memberi lampu hijau buat berangkat ke Filipina.
ADVERTISEMENT
PB Persatuan Rugby Union Indonesia
Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia, Didik Mukrianto. Foto: Dok. PB Persatuan Rugby Union Indonesia,
"Jika KOI tidak memberikan ruang kepada olahraga rugbi di ajang SEA Games tentu sangat memprihatinkan. Padahal, komunikasi dan komitmen kami dengan Kemenpora, yaitu Menpora, mendorong dan mendukung agar cabang-cabang termasuk rugbi ini bisa berangkat ke SEA Games. KOI ‘kan menjadi bagian penting menentukan keberangkatan kami. Semoga KOI terbuka hatinya melihat prestasi kami dan rugbi ini sebagai olahraga Olimpiade,” kata Didik.
Lebih lanjut Didik menuturkan selama ini bantuan hanya datang dari Kemenpora, khususnya soal pelatihan nasional (pelatnas).
Terlepas dari polemik itu, PB PRUI tetap menyiapkan atletnya untuk ke SEA Games. Asia Rugby Sevens Trophy 2019 pun dijadikan sebagai ajang persiapan timnas rugbi.
“Kami berharap bahwa melihat kerja keras segenap kawan-kawan PB PRUI dan timnas mudah-mudahan komitmen dari Kemenpora segera terealisasi. Kami ingin berkesempatan bertanding di multiajang tingkat internasional, seperti SEA Games,” kata Didik.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan