Bola & Sports
·
26 Januari 2021 13:34

Tepat Setahun Kobe Bryant Meninggalkan Kita: Kenangan & Tangisan Membekas

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tepat Setahun Kobe Bryant Meninggalkan Kita: Kenangan & Tangisan Membekas (668123)
searchPerbesar
Legenda NBA dan Lakers, Kobe Bryant. Foto: Robyn BECK / AFP
Kobe Bryant. Basket, NBA, Los Angeles Lakers, Legenda. Itulah sederet padanan kata dan frasa yang lekat dengan nama pebasket legendaris berjuluk 'Black Mamba' itu.
ADVERTISEMENT
Sebelum tahun 2020, tanggal 26 Januari mungkin adalah hari yang biasa saja bagi sejumlah orang di dunia. Akan tetapi, 26 Januari kini adalah hari yang penting diperingati bagi seluruh pecinta basket... Tidak, bahkan semua pecinta olahraga.
Sebab, pada 26 Januari 2020, Kobe Bryant meninggalkan kita semua. Tragedi kecelakaan helikopter di Calabasas, California, Amerika Serikat, mengantarkannya menuju keabadian.
Kala itu, Bryant bersama delapan orang lainnya, termasuk putrinya, Gianna (Gigi), dalam perjalanan menuju pertandingan basket. Namun nahas, helikopter jatuh di tengah kondisi berkabut. Tidak ada yang selamat.
Tepat Setahun Kobe Bryant Meninggalkan Kita: Kenangan & Tangisan Membekas (668124)
searchPerbesar
Para petugas sedang mengevakuasi helikopter yang dinaiki Kobe Bryant. Foto: REUTERS/Gene Blevins
Setelahnya, banyak aksi penghormatan dilakukan oleh sejumlah tim dan pemain NBA. Mulai dari berdiam selama 24 detik di awal laga hingga pesan duka terbuka via media sosial.
ADVERTISEMENT
"Gigi keponakanku dan Bryant saudaraku, aku mencintaimu dan akan merindukanmu. Belasungkawa yang terdalam kuberikan kepada keluarga Bryant dan keluarga penumpang lainnya," kata Shaquille O’Neal, eks rekan setim di Los Angeles Lakers, via Twitter.
"Ada banyak hal yang saya pelajari dan serap darinya. Well, Kobe, kamu akan tinggal tetap dalam ingatan saya. Beristirahatlah dengan tenang, young man," tutur Kareem Abdul-Jabbar, legenda Lakers, dalam wawancara dengan ESPN.
"Saya terpukul mendengar kabar tragis bahwa Kobe dan Gianna meninggal dunia. Kata-kata tidak dapat menggambarkan sesakit apa rasanya ditinggalkan mereka. Saya menyayangi Kobe, ia seperti adik saya. Kami sering mengobrol dan saya akan selalu merindukan obrolan kami," ujar Michael Jordan.
Tepat Setahun Kobe Bryant Meninggalkan Kita: Kenangan & Tangisan Membekas (668125)
searchPerbesar
Kobe Bryant dan Michael Jordan. Foto: VINCENT LAFORET / AFP
Enggak cuma atlet basket, atlet-atlet lain dan para pesohor pun menunjukkan rasa duka dan tribute mereka untuk Kobe Bryant. Petenis Nick Kyrgios memakai jersi Bryant di Lakers di Australian Open 2020.
ADVERTISEMENT
Novak Djokovic, di ajang yang sama, mengenakan jaket berwarna hijau lengkap dengan inisial "KB 8 24", inisial Bryant dan nomor yang ia kenakan semasa bermain untuk Los Angeles Lakers. Tak ketinggalan, Djokovic membubuhkan ikon hati di bawah inisial itu.
Dari sepak bola, Neymar melakukan selebrasi khusus saat PSG bertandang ke markas Lille. Usai mencetak gol keduanya, pemain Brasil itu berjalan ke tepi lapangan sembari menunjukkan angka 2 dan 4 ke kamera sebagai tanda nomor punggung 24 milik Bryant.
AC Milan, klub sepak bola favorit Bryant, juga melakukan penghormatan. Dalam sebuah laga kontra Torino di San Siro, 'Rossoneri' menyediakan waktu sejenak untuk mengenang kepergian Kobe Bryant dan para pemain Milan mengenakan pita hitam di lengan.
Tepat Setahun Kobe Bryant Meninggalkan Kita: Kenangan & Tangisan Membekas (668126)
searchPerbesar
Kobe Bryant dengan jersi AC Milan. Foto: Twitter /@acmilan
Fakta Los Angeles Lakers berhasil menjuarai NBA 2019/20 adalah pelipur lara bagi keluarga dan segenap fans berjersi khas ungu-kuning tersebut. Kepergian Bryant bak menjadi pemicu semangat ekstra LeBron James dan kolega merengkuh jaya.
ADVERTISEMENT
Tepat setahun Kobe Bryant wafat. Kini, ia telah tiada. Namun, jejak legendanya abadi selamanya.

Prestasi Kobe Bryant selama jadi pebasket:

  • 5× NBA champion (2000–2002, 2009, 2010)
  • 2× NBA Finals MVP (2009, 2010)
  • NBA Most Valuable Player (2008)
  • 18× NBA All-Star (1998, 2000–2016)
  • 4× NBA All-Star Game MVP (2002, 2007, 2009, 2011)
  • NBA Slam Dunk Contest champion (1997)
  • Dll.
  • ----
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona.