kumparan
30 Agu 2019 21:08 WIB

Timnas Basket Putra: 18 Pemain Lolos ke Pelatnas SEA Games 2019

Pelatih Timnas Basket Putra Indonesia, Rajko Toroman, tengah memberi intruksi kepada para pemain. Foto: Aditia Rizki/kumparan
Setelah melakukan dua kali seleksi nasional (seleknas), Timnas Basket Putra Indonesia akhirnya menemukan nama-nama yang dianggap paling memenuhi syarat untuk mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) menuju SEA Games 2019.
ADVERTISEMENT
Manajer Timnas Basket Putra, Maulana Fareza Tamarella, menyebut ada 18 pemain yang nantinya akan bersaing masuk ke dalam skuat 'Merah Putih' di Filipina. Enam di antaranya merupakan pemain yang mengikuti seleknas tahap kedua pada 19-30 Agustus.
Di antaranya adalah point guard CLS Knight Indonesia, Arif Hidayat, dan center andalan Pelita Jaya, Adhi Pratama. Ada pula nama lawas macam Valentino Wuwungan yang kerap kali memperkuat timnas.
Sementara 12 pemain lainnya merupakan sosok-sosok yang membela timnas dengan nama Indonesia Selection pada kompetisi Elang Cup 3 2019 di Medan. Salah dua di antaranya Andakara Prastawa, serta MVP IBL musim lalu, Kaleb Ramot Gemilang.
Pelatih Timnas Basket, Rajko Toroman, menyebut untuk para pemain yang gugur di seleknas sebelumnya masih punya harapan memperkuat Indonesia. Mereka akan menjadi nama cadangan yang bisa saja dipanggil jika di antara 18 pemain pelatnas mengalami cedera.
ADVERTISEMENT
"Saya bilang kepada para pemain yang tidak lolos bahwa mereka sudah paham dengan pola permainan saya dan mereka bisa bergabung dengan pelatnas lagi jika ada pemain yang cedera," kata Toroman saat ditemui di GBK Arena, Jakarta, Jumat (30/8/2019).
Arif Hidayat, point guard CLS Knight Indonesia, yang lolos ke pelatnas SEA Games 2019. Foto: Dok. Perbasi
"Mereka adalah waiting list, jika ada masalah mereka bisa saja dipanggil lagi. Saya pikir kita akan mendapatkan pemain yang terbaik nantinya," ucapnya.
Kuota pelatnas Timnas Basket Putra juga berpotensi bertambah karena Fareza menyebut pemain yang tengah diupayakan untuk dinaturalisasi, Danzel Bowles, kemungkinan besar bakal bergabung pekan depan.
"Kalau semua berjalan lancar, pemain naturalisasi (Danzel Bowles) akan sampai Jakarta 7 September," ucap Fareza.
Daftar pemain yang lolos ke pelatnas Timnas Basket Putra Indonesia untuk SEA Games 2019. Foto: Dok. Istimewa
Proses seleksi masih akan berlanjut dalam beberapa bulan ke depan. Selain try out dengan mengikuti turnamen di Taiwan, para pemain juga akan berangkat ke Serbia untuk menjalani pemusatan latihan.
ADVERTISEMENT
"Untuk bermain di Taiwan, 23-30 September, akan dikurangi lima menjadi 13 pemain. Kemudian 1 Oktober kembali bertambah menjadi 14, karena rencananya ada agenda training camp di Serbia selama 3 minggu. 14 orang itu yang dibawa. Sepulang dari Serbia, akan dipotong 2 lagi untuk SEA Games 2019," jelasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan