Bola & Sports
·
10 Mei 2020 19:04

Tips LIT Selama Bulan Puasa Bersama Coach Indra

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips LIT Selama Bulan Puasa Bersama Coach Indra  (28013)
kumparan Workout Weekend edisi kedua bersama Prilly Latuconsina dan Coach Indra. Foto: kumparan
Workout dan tetap fit di bulan puasa enggak mustahil, lho. Lewat kumparan Workout Weekend pada Minggu (10/5/2020), Coach Indra 'Bodyfit' berbagi tips Low Intensity Training (LIT) selama bulan Ramadhan.
ADVERTISEMENT
LIT bisa disebut sebagai kebalikan dari High Intensity Interval Training (HIIT). Hanya karena intensitasnya lebih pelan dibandingkan HIIT, bukan berarti LIT tidak efektif.
Durasinya yang lebih panjang ketimbang HIIT bahkan membuat LIT dinilai cocok sebagai latihan endurance atau daya tahan. Kalian bisa menyaksikan video selengkapnya di sini, ya.
Membuka sesi tanya jawab, Coach Indra menjawab 'mitos' yang menyebut LIT sebagai latihan yang lebih mudah dibandingkan HIIT. Ternyata yang seharusnya diperhatikan bukan sulit atau mudahnya gerakan, tetapi bisa dilakukan dengan efektif atau tidak.
"Tingkat kesulitan LIT memang di bawah HIIT karena fokus latihan ini ke gerakan-gerakan yang lebih pelan. Namun, ketika gerakannya dibuat pelan dan gerakannya benar, hasilnya akan terasa maksimal di otot-otot yang kita latih," jelas Coach Indra.
ADVERTISEMENT
Oke, mulai sekarang tepis cepat-cepat godaan untuk memandang LIT dengan sebelah mata. Selama dilakukan dengan benar, latihan ini bisa diandalkan untuk membangun otot tubuh dan membakar lemak.
Coach Indra juga menjelaskan bagaimana, sih, trik melakukan LIT di bulan Ramadhan. Terlebih, berpuasa bisa saja membuat stamina tidak setinggi biasanya.
"Di bulan puasa, LIT disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Kalau staminanya memang enggak maksimal, intensitasnya bisa diturunkan atau istirahat sebentar, setelah itu mulai lagi. Kita bakal mainin waktu di LIT hari ini: 90 detik bergerak, 30 detik istirahat," jelas Coach Indra.
Puas bertanya, sesi pun berlanjut dengan workout bersama. Well, sesi kali ini juga spesial karena para peserta juga bisa berolahraga bersama Prilly Latuconsina.
ADVERTISEMENT
Setelah sekitar 35 menit melakukan Coach Indra dan Prilly pun pamit dan mengucapkan terima kasih kepada para peserta.
Oh, ya, kalau ketinggalan Workout Weekend edisi pertama bersama Coach Vanessa Barus atau ingin mengulang latihannya, kalian bisa berkunjung ke sini.
====
Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona. Yuk, bantu donasi atasi dampak corona!