kumparan
16 Des 2018 15:30 WIB

Video: Menyibak Harta Karun Samantha Edithso

Si juara catur dunia, Samantha Edithso (Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan)
Berawal dari sekadar main catur untuk memenuhi aturan ekstrakulikuler wajib di Sekolah Dasar, hingga akhirnya menjadi juara dunia lima tahun kemudian. Yang dimaksud, siapa lagi kalau bukan Samantha Edithso, juara dunia catur cepat di 2nd World Cadets Rapid and Blitz Chess Championships dan catur klasik di World Cadets Chess Championships 2018.
ADVERTISEMENT
Hmmm... membayangkan main catur saja butuh daya pikir esktra, sementara Samantha sudah juara dunia saat usianya masih 10 tahun. Apa sih rahasianya? Well, Samantha nyatanya sama seperti anak perempuan lainnya. Suka fashion, menggambar, mainan, hingga barbie.
Lalu, kapan dong fokus latihan caturnya? Nah, inilah uniknya. Orang tua Samantha, Larry Edith dan So Siau Sian, mengatakan sang buah hati tercinta jarang berlatih catur. Bukan jarang sih, tapi durasinya satu hari tidak sampai 1 jam, begitu kata mereka.
Alih-alih berjam-jam berlatih catur, Samantha yang kini berstatus siswa homeschooling ini sehari-hari mengusili sang Mommy, adik laki-lakinya, hingga bermain dengan dua anjing peliharaannya.
Satu agenda wajib lainnya, jalan-jalan ke mall. Kok tahu? Karena kumparanSPORT mendapat kesempatan bertemu dan mengobrol asyik dengan Samatha di rumahnya.
ADVERTISEMENT
Dari 'markas' sang juara dunia U-10, terungkap koleksi barbie, mobil-mobilan, buku, dan lukisannya. Pengalaman seru ketika melawan anak-anak lain dari China hingga Rusia pun jadi bahan obrolan. Pssstt... Samantha ternyata jago Bahasa Inggris dan tergolong genius.
Penasaran? Yuk, tonton keseruan kunjungan kami ke rumah Samantha Edithso. Berikut videonya, check this out!
Video
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan