kumparan
20 Oktober 2017 18:54

3 Tips Menjaga berlian Agar Tetap Berkilau

Berlian Pink Star
Berlian Pink Star. (Foto: AP Photo/Kirsty Wigglesworth)
Langka, cantik, dan bernilai tinggi.
Tiga dari sekian banyak kelebihan yang dimiliki oleh berlian. Batu mulia ini kerap dilirik kaum hawa sebagai wujud investasi yang menyenangkan. Bisa dikatakan, batu mulia ini merupakan kekayaan berjalan yang bisa mempercantik kamu.
ADVERTISEMENT
Dan, berbeda dari emas serta properti, nilai jualnya pun cenderung stabil dan tak berubah. Jadi kamu dijamin tak akan rugi mengoleksi berlian dalam berbagai bentuk. Selain itu, berlian juga tak membutuhkan perawatan yang neko-neko, alias sangat mudah.
Gemologist atau pakar berlian, Devi Chayadi pun memberi sederet tips sederhana dalam merawat perhiasan berlian yang kamu miliki. Apa saja?
1. Selalu Pastikan Berlian Bersih
Cincin Berlian
Cincin berlian. (Foto: Thinkstock)
"Selalu pastikan dia bersih. Bisa pakai air hangat, sabun cair, dan sikat gigi. Gosok lembut, dibilas, dan dikeringkan," ujar Devi.
Pembersihan berkala ini wajib dilakukan untuk menjaga kilau berlian tetap bersinar. Jika tak pernah dibersihkan, berlian menjadi kusam akibat tertutup kotoran. "Karena dia punya sifat alami mengikat debu minyak," jelas Devi.
ADVERTISEMENT
2. Simpan Berlian di Area Kering dan Bersih
Salah satu berlian paling terkenal di dunia.
Salah satu berlian paling terkenal di dunia. (Foto: sotheby's)
Sesungguhnya, berlian hanya perlu diletakkan pada area kering dan bersih. Hanya saja, ada satu pantangan yang harus kamu ketahui untuk menjaga permukaan berlian tetap cemerlang.
"Jangan dicampuradukkan antar berlian, karena berlian bisa saling menggores," tegas Devi.
3. Jangan Dipakai Saat Mandi atau Berenang
Berenang
Ilustrasi berenang. (Foto: Thinkstock)
Sebaiknya jangan mengenakan perhiasan berlian ketika mandi atau berenang di air yang mengandung khlorin. :Khlorin itu musuh besar emas. Ketika emas kena khlorin, dia akan melunak dan (berlian) berpotensi copoy," tutupnya.
Jadi, demi alasan keamanan, sebaiknya lepas perhiasan kamu sebelum berenang attau bermain air, ya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan