kumparan
15 Mei 2019 15:20

4 Tips Agar Tidak Over Budget di Bulan Ramadhan

com-Pengeluaran ramadhan over budget
com-Pengeluaran ramadhan over budget Foto: Shutterstock
Di bulan Ramadhan, pengeluaran rumah tangga seringkali membengkak daripada bulan lainnya. Hal ini dikarenakan banyak pengeluaran tambahan untuk berbagai kebutuhan seperti berbelanja sahur dan berbuka, hingga mudik Lebaran.
ADVERTISEMENT
Kalau sudah begini, Anda harus pandai-pandai untuk mengatur keuangan agar tetap terkontrol. Jangan sampai pengeluaran rumah tangga over budget yang menyebabkan Anda “boncos” di akhir bulan. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini:
1. Jangan terlalu banyak jajan ketika berbuka puasa
com-Ilustrasi jajanan pasar
com-Ilustrasi jajanan pasar Foto: Shutterstock
Setelah seharian berpuasa, wajar rasanya jika Anda bernafsu ketika melihat deretan takjil yang menggugah selera. Walaupun harganya cenderung murah, tapi jika Anda beli dalam jumlah banyak, Anda pastinya harus merogoh kocek yang lebih dalam. Untuk menyiasatinya, Anda bisa membeli takjil secukupnya dan langsung mengonsumsi makanan berat.
2. Buka puasa bersama tidak harus selalu di mal
Di momen Ramadhan, Anda pasti akan mendapat banyak undangan untuk buka puasa bersama (bukber). Hal ini memang baik untuk menjalin silaturahmi dengan kawan lama. Namun jika intensitasnya sering dan dilakukan di mal, pengeluaran Anda bisa tak terkontrol.
ADVERTISEMENT
Mengapa tidak atur acara buka puasa di rumah? Selain bisa menghemat pengeluaran, suasana yang diciptakan pun bisa lebih kekeluargaan dan tidak terbatas dengan waktu tutup mal.
3. Beli keperluan Lebaran seperlunya
com-Berbelanja keperluan Lebaran
com-Berbelanja keperluan Lebaran Foto: Shutterstock
Ketika hari raya Idul Fitri sudah semakin dekat, banyak pusat perbelanjaan yang akan menawarkan diskon yang cukup besar. Namun, Anda tidak boleh kalap dan tetap mengontrol pengeluaran. Singkirkan sejenak keinginan untuk membeli hal yang tidak terlalu penting, dan belilah barang yang benar-benar diperlukan untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.
4. Gunakan transportasi umum ketika mudik
Ada beragam pilihan transportasi yang bisa Anda pilih untuk melakukan perjalanan mudik. Mulai dari membawa kendaraan pribadi, hingga menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, dan bis. Walaupun tarif transportasi umum cenderung melonjak tajam di periode libur Lebaran, ada baiknya Anda memilih transportasi umum karena lebih efisien dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Namun, bagaimana jika di kampung halaman Anda ingin jalan-jalan atau berlibur bersama keluarga tercinta? Tenang saja, Anda dapat dengan mudahnya menyewa mobil lewat aplikasi Movic yang sudah tersedia di 39 kota di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.
com-Promo Ramadhan dari Movic
com-Promo Ramadhan dari Movic Foto: Dok. Movic
Terdapat banyak kemudahan yang ditawarkan oleh Movic. Mulai dari penyewaan mobil dengan supir dan lepas kunci, pilihan waktu sewa yang beragam -- mulai dari 6 jam, 12 jam, dan 24 jam -- hingga paket all-in yang termasuk bensin dan tol.
Di momen Ramadhan ini, Movic memberikan promo menarik yakni diskon 50% untuk setiap pemesanan mobil dengan minimum transaksi Rp 400.000. Anda dapat melakukan pemesanan mulai dari 1 Mei - 31 Mei 2019 untuk periode perjalanan 1 Mei - 30 Juni 2019. Promo ini berlaku untuk semua fasilitas di Movic dengan beragam cara pembayaran. Namun ingat, untuk mendapatkan diskon 50%, Anda harus men-download ataupun meng-update aplikasi Movic versi terbaru lewat App Store dan Play Store. Menarik sekali, bukan?
ADVERTISEMENT
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Movic.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan