kumparan
search-gray
Woman1 Januari 2018 11:04

5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol

Konten Redaksi kumparan
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346319)
Alkohol dapat menyumbat pembuluh darah. (Foto: Thinkstock)
Kemeriahan pesta tahun baru tak lepas dari aneka sajian barbeque. Mulai dari makanan berat seperti daging sapi, ayam, sosis, dan jagung bakar, hingga camilan ringan seperti kacang dan kentang goreng. Seluruhnya dianggap sempurna untuk melengkapi malam terakhir di 2017.
ADVERTISEMENT
Dan bagi sebagian orang, pesta tahun baru tak akan terasa lengkap tanpa kehadiran wine atau bir. Minuman beralkohol kerap jadi andalan untuk menghangatkan suasana.
Namun sayangnya, berpesta hingga larut malam dan menenggak minuman beralkohol (meski dengan kadar rendah) bisa mendatangkan efek samping yang menyebalkan keesokan paginya. Jika minum wine atau bir terlalu banyak, kepala akan terasa amat pusing akibat hangover (mabuk).
Agar kamu tak tersiksa akibat rasa pusing yang menyerang di keesokan paginya, kumparan (kumparan.com) menyiapkan sederet tips ampuh untuk meredakan efek menyebalkan hangover. Apa saja?
1. Minum Air Putih
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346320)
Air putih mencerahkan kulit (Foto: Thinkstock)
Menenggak banyak alkohol tanpa disadari membuat tubuh jadi dehidrasi. Rasa pusing yang kamu rasakan saat bangun merupakan sinyal yang disampaikan otak untuk meminta asupan cairan lebih.
ADVERTISEMENT
Usahakan minum segelas air putih sebelum dan sesudah bangun tidur. Ini akan sangat membantu mengurangi rasa pening yang kamu rasakan.
2. Minum Jus Buah
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346321)
Jus buah. (Foto: Thinkstock)
Jus buah yang segar dan alami efektif menetralkan rasa mual dan pusing akibat mabuk, lho. Semua berkat kandungan fruktosa yang ada di dalamnya. Jus jeruk dan tomat merupakan minuman sehat terbaik yang bisa kamu jadikan pilihan. Hangover pun dijamin akan berkurang.
3. Makan Sereal, Roti, atau Biskuit
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346322)
Sereal (Foto: Thinkstock)
Makan semangkuk sereal atau camilan berbahan dasar gandum juga ampuh untuk mengurangi efek samping hangover akibat minuman beralkohol. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalamnya berguna untuk memperbaiki stamina tubuh setelah mabuk.
Selain itu, gula darah yang ada pada tubuh juga akan terjaga, sehingga kamu akan terhindar dari rasa lemas.
ADVERTISEMENT
4. Konsumsi Kalium
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346323)
Pisang (Foto: Thinkstock)
Saat menenggak minuman beralkohol, kamu akan sering bolak-balik buang air kecil. Semua karena sifat alkohol yang mengeluarkan cairan dari tubuh.
Hal ini jadi pemicu timbulnya rasa lelah dan lemas sehabis mabuk. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kalium. Seperti pisang, susu, alpukat, tomat, kacang merah, ubi jalar, dan masih banyak lagi.
5. Tidur
5 Cara Ampuh Redakan Pusing Akibat Minuman Beralkohol (346324)
Kurang tidur. (Foto: Thinkstock)
Jika rasa pusing masih menekan kepala dengan hebatnya, tidur bisa jadi satu-satunya solusi yang bisa meredakan efek hangover. Jika masih merasa lemas, jangan paksakan diri untuk bangun ataupun bergerak.
Kembali tidur untuk menghilangkan pusing merupakan hal terbaik yang bisa kamu lakukan. Karena efek samping alkohol akan memudar seiring berjalannya waktu.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white