kumparan
13 Februari 2019 8:13

5 Fakta Seputar Lip Balm yang Jarang Diketahui

Gunakan lip balm. Foto: Pixabay
Lip balm atau pelembap bibir adalah salah satu produk kecantikan yang biasa digunakan baik perempuan dan laki-laki.
ADVERTISEMENT
Pengaplikasinnya yang praktis dengan sekali pulas saja bisa langsung membuat bibir terjaga kelembapannnya sepanjang hari.
Namun tahukah Anda, tidak sekadar berfungsi untuk melembapkan bibir, lip balm juga memiliki sejumlah fakta unik yang mungkin belum Anda ketahui.
1. Tidak benar-benar melembapkan bibir
Melansir Boldsky, rupanya lip balm tidak benar-benar dapat melembapkan bibir. Faktanya, lip balm hanya mengunci kelembapan di permukaan bibir. Cara kerja lip balm sendiri adalah menciptakan lapisan baru di atas bibir dan mengunci kelembapan di lapisan bawah bibir yang ditutupinya, khususnya saat Anda berada di lingkungan dengan udara yang dingin dan kering.
Gunakan lip balm untuk menghindari bibir kering. Foto: Thinkstock
2. Aman jika tertelan ke dalam mulut
Di pasaran, banyak produk lip balm yang dilengkapi dengan berbagai rasa dan aroma yang menggiurkan. Tak heran jika Anda tergoda untuk menjilat bibir yang telah dipulas dengan lip balm. Kebiasaan seperti ini tentunya membuat material dari lip balm tertelan. Namun jangan khawatir, karena para ahli mengatakan bahwa jika lip balm masuk ke dalam tubuh dalam jumlah kecil, hal tersebut tidak akan membahayakan tubuh.
ADVERTISEMENT
3. Tidak hanya dipakai untuk bibir
Meski bernama lip balm, lip balm tidak hanya berfungsi untuk area bibir saja. Anda bisa mengoleskan lip balm di sekitar hidung dan kutikula kuku untuk melembapkan bagian tersebut dan menghindarkannya dari kekeringan. Selain itu, lip balm juga bisa digunakan untuk trik kecantikan. Misalnya Anda bisa merapihkan alis yang tidak teratur dengan lip balm.
Ilustrasi Wajah. Foto: Dok. Thinkstock
4. Membuat blush on dan eyeshadow lebih pigmented
Fungsi lip balm yang mungkin belum Anda ketahui selanjutnya adalah bisa membuat warna dari eyeshadow dan blush on yang Anda aplikasikan ke wajah lebih cetar.
Mengoleskan lip balm sebagai based sebelum mengaplikasikan eyeshadow dapat membuat warna yang dihasilkan lebih pigmented. Sedangkan untuk blush on, Anda bisa mencampurkan blush on powder dengan lip balm, lalu mengaplikasikannya di pipi Anda.
ADVERTISEMENT
5. Mencegah lecet di kaki akibat sepatu
Fungsi lip balm yang selanjutnya adalah dapat mencegah lecet pada kaki akibat sepatu. Tak jarang, orang-orang memilih plester untuk melindungi bagian kaki, tapi pilihan ini terkadang membuat penampilan Anda jadi terganggu. Oleh karena itu tak ada salahnya mengoleskan lip balm di bagian kaki untuk menghindari lecet.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan