kumparan
search-gray
Woman15 September 2017 19:41

5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia

Konten Redaksi kumparan
5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia (218468)
Kucing hitam. (Foto: Pixabay)
Kucing sudah lama dikenal sebagai hewan dengan sembilan nyawa sehingga berumur panjang. Konon, hal ini didasarkan pada kemampuan kucing yang bisa tetap hidup meski melompat dari gedung-gedung bertingkat. Selain itu, kucing juga sering diidentikan sebagai hewan supranatural.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari hal tersebut, kucing memiliki rata-rata umur antara 12 hingga 15 tahun. Kucing yang dipelihara dengan baik bahkan bisa mencapai umur 21 tahun atau lebih sedangkan kucing yang hidup liar di alam bebas biasanya hanya memiliki jenjang umur antara 2-5 tahun.
Perlu diketahui, ukuran usia kucing berbeda dengan manusia. Mengutip dari wikipedia, kucing yang berusia setahun setara dengan 15 tahun umur manusia. Tahun-tahun berikutnya, pertambahan umur kucing semakin sedikit tahunnya untuk yang setara dengan harapan hidup manusia. Misalnya, kucing yang berumur 15 tahun kira-kira sebanding dengan manusia yang berumur 76 tahun.
Ada beberapa kucing yang bisa hidup hingga berusia puluhan tahun atau setara ratusan tahun umur manusia. Lima diantaranya dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia.
ADVERTISEMENT
Berikut adalah lima kucing yang pernah dinobatkan sebagai kucing tertua dunia :
1. Creme Puff
5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia (218469)
Creeme Puff (Foto: wikipedia)
Creme Puff dinobatkan sebagai kucing paling tua yang pernah tercatat di Guinnes World Records (GWR) dengan usia 38 tahun 3 hari. Kucing betina ini lahir di Texas, Amerika Serikat pada tanggal 3 Agustus 1967 dan mati pada 6 Agustus 2005. Creme Puff dipelihara oleh Jake Perry. Umur panjang Creme diperkirakan karena cara Jake yang memberinya makan dengan daging asap, telur, asparagus dan brokoli.
2. Poppy
5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia (218470)
Kucing Poppy dengan pemiliknya (Foto: wikipedia)
Poppy merupakan kucing yang lahir pada Bulan Februari tahun 1990. Kucing betina asal Bournemouth, Inggris ini pernah dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia oleh GWR pada 19 mei 2014. Saat itu, Poppy berumur 24 tahun. Sayangnya, beberapa bulan setelahnya pada 6 Juni 2014, Poppy menghembuskan nafas terakhir.
ADVERTISEMENT
Menurut Jacqui West, pemiliknya, Poppy meninggal karena infeksi air seni dan luka pada kakinya.
3. Tiffany Two
5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia (218471)
Tiffany Two (Foto: wikipedia)
Tiffany Two adalah kucing betina asal California, Amerika Serikat. Kucing ini lahir pada 13 Maret 1988. Tiffany Two diadopsi pemiliknya, Sharon Voorhees ketika masih berusia enam minggu. Tiffany mati ketika berumur 27 tahun 70 hari pada tanggal 22 Mei 2015.
4. Corduroy
5 Kucing Tertua yang Pernah Hidup di Dunia (218472)
Kucing Corduroy (Foto: Instagram.com/@oldeslivingcat)
Berbeda dengan kucing di daftar lainnya, Corduroy merupakan kucing berjenis kelamin jantan. Corduroy lahir pada 1 Agustus 1989 di Oregon, Amerika Serikat. Corduroy pernah dinobatkan sebagai kucing tertua di dunia hingga bulan Mei 2016. Saat itu Corduroy berumur 27 tahun. Kucing yang dipelihara oleh Ashley Reed Okura ini mati pada bulan November 2016 pada umur 27 tahun 92 hari.
ADVERTISEMENT
5. Nutmeg
Yang teranyar adalah Nutmeg. Kucing ini disebut-sebut sebagai yang tertua di dunia saat ini. Namun sayangnya, Nutmeg harus mengakhiri hidupnya pada September 2017. Nutmeg yang lahir pada tahun 1985 itu mati di usia 32 tahun karena kesulitan bernafas dan gagal jantung. Nutmeg merupakan kucing asal Tyneside, Inggris yang dipelihara oleh pasangan Liz dan Ian Finlay. Rahasia umur panjang Nutmeg adalah mengonsumsi ikan tuna dan ayam panggang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white