kumparan
search-gray
Woman27 Maret 2018 16:35

5 Masker Alami yang Jadi Andalan Perempuan di Seluruh Dunia

Konten Redaksi kumparan
masker wajah
masker wajah (Foto: dok.thinkstock)
Masker wajah menjadi salah satu tren kecantikan yang tengah populer beberapa tahun belakangan ini.
ADVERTISEMENT
Jenisnya pun beragam. Mulai dari sheet mask, mud mask, hingga clay mask. Bahkan saking populernya, kata kunci 'masker wajah' muncul dalam urutan pertama dalam mesin pencarian Google.
Korea Selatan jadi salah satu negara penggemar masker wajah. Tak terhitung banyaknya lini kosmetik yang berlomba meluncurkan koleksi sheet mask-nya masing-masing.
Layaknya Korea, setiap negara juga memiliki masker andalannya sendiri. Melansir Allure, kumparanSTYLE (kumparan.com) merangkum sederet masker wajah yang jadi ciri khas berbagai negara di belahan dunia berbeda. Ini dia daftarnya!
1. Masker kunyit dari India
Masker Kunyit
Kantung mata hilang dengan masker kunyit. (Foto: Thinkstock)
Kamu bisa menemukan kunyit di setiap dapur rumah-rumah India. Tak hanya dikenal sebagai bumbu kunci dari masakan India, kunyit juga kerap dijadikan sebagai bahan utama masker wajah. Melumuri kulit pengantin dengan kunyit jadi ritual yang tidak boleh terlewat di India.
ADVERTISEMENT
Biasanya, masker bubuk kunyit dicampur dengan air mawar, kemudian diaduk hingga berbentuk pasta. Setelahnya, masker kunyit dilumurkan pada wajah hingga mengering. Masker kunyit dipercaya dapat menghilangkan keriput dan menghalau jerawat.
2. Masker Arang Hitam dari Amerika Serikat
Masker arang
Masker arang baik untuk kulit (Foto: Instagram/@future_beautician & @glamglowindonesia)
Hingga kini, masker charcoal atau arang masuh jadi tren di mana-mana. Menurut Jessica Richards pendiri Shen Beauty di Brooklyn, rata-rata orang di US kerap menggunakan masker ini untuk menyingkirkan komedo pada hidung. Tren ini bahkan merambah ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Apakah kamu termasuk salah satu yang pernah mencobanya?
3. Masker lumpur laut mati dari Argentina
Laut Mati
Laut Mati (Foto: Thinkstock)
Masker lumpur dari laut mati Argentina terkenal akan kandungan mineralnya yang tinggi. Kandungan mineral alaminya dipercaya bermanfaat untuk mencerahkan wajah yang kusam.
ADVERTISEMENT
4. Masker susu dan tanaman herbal khas Rusia
Ilustrasi susu bubuk
Ilustrasi susu bubuk. (Foto: Shutterstock)
Masker susu jadi ritual kecantikan favorit perempuan Rusia. Susu murni dicampur dengan biji chia untuk selanjutnya dibalurkan pada wajah. Ramuan ini dipercaya dapat membuka dan membersihkan pori-pori wajah.
5.Ghassoul Clay dari Maroko
ghassoul
ghassoul (Foto: dok.thinkstock)
Clay atau tanah liat Maroko dikenal dengan sebutan ghassoul. Biasanya, ghassoul dijual dalam bentuk balok (cube) kecil dan bubuk. Kaya akan mineral, ghassoul dipercaya ampuh membersihkan pori-pori dan melembutkan rambut. Cara menggunakannya pun mudah. Cukup campurkan ghassoul dengan air mawar, aduk hingga mengental, kemudian oleskan pada wajah secara merata.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white