kumparan
25 Agustus 2017 13:39

5 Tips Berburu Tiket Murah untuk Kamu yang Ingin Traveling

Tiket Pesawat (cover)
Tiket Pesawat (Foto: Thinkstock )
Baru-baru ini, sebuah penelitian menunjukkan jika di masa mendatang kaum millenials akan lebih memilih untuk traveling keliling dunia, dibandingkan membeli rumah ataupun mobil. Traveling memang menjadi salah satu cara untuk orang-orang melepas penat dan beban pikiran mereka.
ADVERTISEMENT
Meskipun tengah menjadi tren di kalangan kaum millenials, namun masih banyak orang yang bingung untuk memulai traveling dari mana. Mencari tiket yang murah, menentukan jadwal perjalanan yang sesuai dengan keinginan, dan menemukan penginapan yang tepat menjadi satu tantangan tersendiri bagi para traveler. Terlebih jika kamu melakukan solo traveling, mendapatkan tiket murah menjadi satu hal wajib yang harus dilakukan.
Untuk itulah, bagi kamu yang masih bingung bagaimana mendapatkan tiket murah untuk traveling, berikut kumparan berikan tipsnya. Yuk, simak!
1. Sering-sering Periksa Harga Awal
Tiket 1
Sering-sering Periksa Harga Awal (Foto: Thinkstock)
Tahukah kamu jika rata-rata perbedaan harga antara hari terbaik membeli tiket pesawat dan hari terburuk mencapai US$ 236? Harga ini bahkan tidak termasuk jika kamu membeli tiket pesawat 7 hari menjelang hari keberangkatan.
ADVERTISEMENT
Jadi, ketika ingin membeli tiket pesawat, timing adalah segalanya. Sebaiknya kamu mulai memeriksa harga di setiap maskapai sesaat setelah kamu memutuskan ingin pergi kemana. Periksa harga tiket pesawat ini secara terus menerus, paling tidak seminggu sekali. Dan, saat kamu menemukan harga terbaik, segeralah untuk membeli tiketnya tanpa berpikir terlalu lama.
2. Beli di Waktu yang Tepat
Tiket 2
Beli di Waktu yang Tepat (Foto: Thinkstock)
Kapan harus membeli tiket pesawat menjadi tips terbaik menghemat uang untuk perjalanan kamu selanjutnya. Sebuah penelitian menunjukkan jika waktu terbaik untuk membeli tiket penerbangan domestik adalah 49 hari dari jadwal keberangkatan kamu. Namun, jumlah itu sangat bervariasi, tergantung di mana dan kapan kamu pergi.
3. Harga akan Lebih Murah di Hari-hari Tertentu
Tiket 3
Harga akan Lebih Murah di Hari-hari Tertentu (Foto: Thinkstock)
Penentuan hari juga menjadi hal yang penting untuk mendapatkan tiket murah. Selasa dan Rabu menjadi hari yang paling tepat untuk mendapatkan harga termurah untuk penerbangan domestik, sedangkan harga termahal jatuh di hari Jumat dan Minggu.
ADVERTISEMENT
Bahkan, perbedaan harga tiket pesawat di hari Rabu dan Minggu mencapai US$ 29 untuk sekali jalan dan US$ 58 untuk pulang pergi. Jika kamu berencana untuk traveling di akhir pekan, ada baiknya untuk pertimbangkan alternatif hari lain seperti Sabtu-Senin, dan bukan Kamis atau Jumat sampai Minggu.
4. Perhatikan Musim Liburan
Perhatikan Musim Liburan
Perhatikan Musim Liburan (Foto: thinkstock)
Menentukan kapan kamu harus traveling juga menjadi satu hal penting yang wajib dilakukan. Karena faktor terpenting yang mempengaruhi harga tiket pesawat dilihat dari seberapa penuh penerbangan itu. Biasanya, tiket pesawat akan mahal di saat musim liburan, Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru.
5. Daftar Jadi Member Semua Maskapai
Pesawat Air France
Pesawat Air France (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Jika kamu ingin menemukan harga murah untuk traveling, tak ada salah mendaftar jadi member berbagai macam maskapai. Biasanya setiap maskapai akan memberikan info mengenai promo yang mereka adakan dan ini bisa menjadi salah satu alternatif kamu untuk mencari tiket murah.
ADVERTISEMENT
Namun, jika kamu masih bingung menemukan harga tiket murah untuk liburanmu, percayakan saja semuanya pada Tiket.com sebagai partner perjalanan. 6 tahun sudah Tiket.com hadir sebagai online travel agent yang memberikan kemudahan perjalanan dan liburan untuk masyarakat Indonesia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan