Woman
·
24 April 2019 17:13

5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi (2467)
com-Ilustrasi sayuran segar Foto: Shutterstock
Guna mendapatkan nutrisi terbaik dari makanan yang dikonsumsi, Anda harus memastikan bahan-bahan dasarnya masih segar saat diolah. Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesegaran makanan adalah menyimpannya di tempat yang tepat.
ADVERTISEMENT
Walaupun terlihat sederhana, namun jika Anda menyimpan dengan cara dan di tempat yang salah, bahan makanan bisa hilang kesegarannya, bahkan membusuk. Untuk menyiasatinya, kumparan (kumparan.com) memiliki beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar kesegaran makanan tetap terjaga.
Konsumsi segera
5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi (2468)
com-Ilustrasi mengkonsumsi jus buah Foto: Shutterstock
Jika ingin mendapatkan nutrisi terbaik dari makanan, segeralah mengonsumsinya ketika masih segar. Namun, jika masih tersisa atau tidak langsung dikonsumsi, Anda juga bisa menempatkan bahan makanan di wadah penyimpanan dengan kualitas yang baik agar kesegarannya tetap terjaga.
Tahu di mana harus menyimpan makanan
Ketika berbelanja bulanan, Anda pasti akan membeli beragam makanan segar seperti sayuran, buah, hingga daging-dagingan. Untuk melakukan penyimpanan, Anda harus tahu mana bahan yang harus disimpan di dalam kulkas dan mana bahan yang bisa bertahan di suhu ruangan.
ADVERTISEMENT
Jangan dicuci sebelum disimpan!
5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi (2469)
com-Ilustrasi mencuci bahan makanan Foto: Shutterstock
Sebagian besar masyarakat Indonesia selalu mencuci buah atau sayuran yang sudah dibeli sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam kulkas. Hal ini memang baik untuk menghilangkan sisa-sisa pestisida yang mungkin menempel di makanan. Namun tahukah Anda, ternyata mencuci buah dan sayuran untuk disimpan bisa membuatnya cepat busuk karena hilangnya lapisan alami yang melindunginya dari jamur.
Rutin membersihkan tempat penyimpanan
Kulkas adalah salah satu tempat penyimpanan yang lazim digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjaga makanan tetap segar. Tidak cukup dengan segar, untuk mendapatkan nutrisi terbaik dari sebuah bahan makanan, Anda juga harus memastikan soal kebersihannya. Rutinlah membersihkan kulkas minimal satu minggu sekali agar makanan Anda tidak terkontaminasi bakteri buruk.
ADVERTISEMENT
Tempat penyimpanan jangan terlalu penuh
5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi (2470)
com-Polytron Belleza Foto: Dok. Polytron
Agar kesegaran makanan selalu terjaga, pastikan kulkas Anda tidak terlalu penuh. Jaga volume kulkas agar sirkulasi udara di dalamnya berjalan dengan baik. Jika sirkulasi udara tersebut tidak baik, makanan tidak akan mendapatkan suhu yang tepat. Hal ini bisa memengaruhi kesegaran makanan.
Peran tempat penyimpanan seperti kulkas sangat penting untuk menjaga kesegaran makanan Anda. Maka dari itu, Anda memerlukan kulkas kualitas terbaik yang menggabungkan kesempurnaan tempat penyimpanan makanan agar selalu segar, sekaligus memiliki desain elegan yang awet dan tahan lama. Semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan pada kulkas Belleza dari Polytron.
5 Tips Menjaga Kesegaran Makanan Sebelum Dikonsumsi (2471)
com-Polytron Belleza Foto: Dok. Polytron
Melengkapi spesifikasi kulkas yang mumpuni, Polytron Belleza menampilkan kemewahan pada sisi eksteriornya. Dengan menggunakan material tempered glass pada bagian pintu yang membuat kulkas Belleza lebih premium dan kaya akan kesan elegan, cocok untuk menyempurnakan dapur Anda.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya cantik dipandang mata, material tempered glass yang ada pada Belleza pun membuat kulkas ini kuat, kokoh, anti karat, anti kusam dan tahan lama dibandingkan dengan kulkas dengan bahan material biasa. Jadi, tidak perlu takut akan ada karat yang muncul di bagian bawah pintu saat kulkas telah digunakan bertahun-tahun. Tampilan Polytron Belleza akan premium sepanjang masa.
Melengkapi sisi eksteriornya yang premium, Polytron Belleza juga memiliki tampilan interior yang lebih terang dan mewah. Tidak main-main, rak di kulkas ini pun 20 kali lebih kuat dari rak plastik biasa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Polytron Belleza klik di sini.
Jaga kesegaran makanan Anda, dan dapatkan nutrisi terbaik saat mengkonsumsinya.
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Polytron Belleza.
ADVERTISEMENT