kumparan
26 Maret 2019 9:24

6 Alasan Mengapa Makan Siang di Meja Kerja Tidak Baik untuk Kesehatan

Ilustrasi Perempuan
Ilustrasi Perempuan Foto: Unsplash
Mungkin sebagian dari Anda beranggapan jika makan sambil bekerja dapat menghemat waktu dan membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Namun tahukah Anda jika kebiasaan itu sebenarnya tidak baik untuk kesehatan?
ADVERTISEMENT
Ya, makan siang di depan komputer dan sambil bekerja akan membuat Anda duduk terlalu lama, sirkulasi darah menjadi tidak lancar, dan Anda jadi tidak memiliki waktu untuk bersosialisasi. Hal ini dapat memicu stres, dehidrasi, hingga menambah berat badan karena Anda tidak banyak bergerak.
Dilansir dari Harper’s Bazaar, berikut kami telah merangkum enam alasan mengapa makan siang di meja kantor tidak baik untuk kesehatan Anda.
1. Makan jadi tidak terkontrol
Ilustrasi Makan Jajangmyeon
Ilustrasi Makan. Foto: Shutter Stock
Makan sambil bekerja juga bisa membuat berat badan bertambah dan energi menjadi tidak stabil. Karena fokus dengan pekerjaan, Anda tidak akan menyadari apa saja yang sudah dimakan dan berapa banyak kalori yang sudah dikonsumsi.
Untuk mengatasinya, pastikan saat jam makan siang Anda benar-benar menikmati makanannya dan pergilah ke tempat yang memang disediakan untuk makan, bukan di meja kerja. Dengan begitu Anda akan merasa lebih kenyang dan berenergi setelahnya.
ADVERTISEMENT
2. Otak Anda butuh istirahat
Ilustrasi Perempuan Karier
Atur napas dan menatap ke atas agar lebih rileks. Foto: Shutterstock
Jam makan siang adalah waktu yang tepat untuk mengistirahatkan dan menyegarkan kembali pikiran Anda. Terus-terusan berada di depan layar sepanjang hari tanpa ada jeda dapat membuat Anda mudah stres dan kelelahan.
Coba manfaatkan waktu makan siang Anda untuk pergi sejenak dari kantor dan melakukan hal-hal di luar rutinitas kerja. Misalnya dengan menghabiskan waktu makan siang bersama teman yang berbeda kantor.
3. Anda akan kehabisan pilihan
MAKAN SAYUR
Ilustrasi Makan Sayuran. Foto: Shutterstock
Karena sering menghabiskan makan siang di meja kerja, Anda tidak akan banyak tahu tentang berbagai hal yang ada di sekitar kantor dan menu makanan apa saja yang tersedia. Ujung-ujungnya Anda akan memilih menu makanan yang sama seperti sebelumnya. Jika sudah begitu, Anda bisa cepat merasa bosan karena tidak punya pilihan lain.
ADVERTISEMENT
Sebenarnya, makan siang yang ideal adalah makan siang yang benar-benar disiapkan. Anda bisa membawa bekal dari rumah atau jika tidak memiliki banyak waktu, Anda bisa memilih menu lain dari tempat makan yang biasa Anda beli.
4. Membuat Anda duduk terlalu lama
Perempuan karier yang tidak bahagia
Perempuan karier yang tidak bahagia. Foto: shutterstock
Saat ini, para perempuan karier bisa menghabiskan waktu 15 jam lebih untuk duduk saja. Duduk saat di kendaraan, di meja kerja, saat makan, atau menonton TV. Ini merupakan rutinitas yang tidak sehat karena Anda hanya menggunakan sedikit energi dan membakar sedikit kalori setiap harinya.
Untuk mengatasinya, Anda harus banyak bergerak dan berjalan dari meja kerja ke pantry setidaknya bisa membantu Anda meregangkan otot-otot, serta membakar kalori.
5. Kehilangan momen bersosialisasi
Ilustrasi Pesta
Ilustrasi berkumpul bersama teman-teman Foto: Unsplash
Menghabiskan waktu makan siang terkurung di kantor dapat membatasi waktu Anda untuk bersosialisasi. Ini bisa berdampak pada kebahagiaan dan produktivitas Anda. Hal ini bisa diatasi dengan makan siang dengan teman-teman. Anda bisa mendapatkan jeda, memulihkan tenaga, dan mengurangi stres.
ADVERTISEMENT
Meluangkan waktu jauh dari pekerjaan saat makan siang akan memungkinkan Anda untuk kembali dengan perasaan lebih bahagia dan lebih fokus untuk memulai bekerja lagi.
6. Butuh paparan sinar matahari langsung
Ilustrasi perempuan
Ilustrasi perempuan bahagia. Foto: Shutterstock
Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 67 persen dari kita bekerja pada jam yang sama setiap hari. Dengan banyaknya orang yang bekerja di pagi hari hingga larut malam, itu tandanya mereka jarang sekali terpapar oleh sinar matahari langsung. Hal ini bisa menyebabkan Anda kekurangan asupan vitamin D.
Anda bisa mengatasinya dengan sering makan siang di luar ruangan. Pastikan Anda keluar dari kantor, berjalan kaki, dan terkena sinar matahari yang cukup setiap harinya. Selain menambah asupan vitamin D, sinar matahari juga dapat membuat mood Anda jauh lebih baik karena dapat memicu peluncuran serotonin pada otak yang bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan berpikiran positif.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan