7 Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan yang Wajib Anda Ketahui

6 April 2018 6:59
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Masker Yoghurt (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Masker Yoghurt (Foto: Thinkstock)
ADVERTISEMENT
Mengkonsumsi yoghurt dipercaya ampuh menyehatkan pencernaan tubuh manusia. Semua karena kandungan vitamin D, protein, serta probiotik berfungsi untuk menyehatkan saluran cerna.
ADVERTISEMENT
Selain sehat dikonsumsi, produk olahan susu ini juga bisa dimanfaatkan untuk merawat kecantikan Anda, lho.
Yoghurt bisa menjadikan kulit dan rambut Anda sehat. Berikut ini kumparanSTYLE sajikan beragam manfaat yoghurt untuk memelihara kecantikan yang dirangkum dari Womanitely :
1. Masker dan kondisioner rambut
Tak hanya baik untuk kulit, yoghurt juga bagus untuk kulit kepala dan rambut Anda. Yoghurt dapat membantu menonjolkan kilau rambut alami Anda serta membuatnya lembut.
Cara menggunakannya pun mudah, Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai hair mask atau kondisioner. Oleskan secara merata ke seluruh rambut, diamkan beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Selain membuat rambut lebih halus, yoghurt juga dapat mengurangi rambut rontok dan mencegah rambut bercabang.
ADVERTISEMENT
2. Melembabkan kulit
Yoghurt adalah salah satu scrub terbaik untuk tangan, kaki dan seluruh tubuh Anda. Coba campurkan yoghurt dengan oat atau kulit jeruk kering, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke tangan dan kaki Anda, kemudian bilas dengan air suam-suam kuku.
Scrub alami ini akan membuat kulit terhidrasi dan halus.
Ilustrasi Yogurt (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Yogurt (Foto: Thinkstock)
3. Mendinginkan kulit dari sengatan matahari
Yoghurt mengandung zinc yang dapat mendinginkan kulit dari rasa terbakar dan gatal akibat sengatan matahari. Cukup dengan mengoleskan yoghurt dingin ke kulit Anda, diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air dingin. Anda juga dapat mencampur minyak esensial ke dalam yoghurt sebelum mengaplikasikannya pada kulit. Hal ini dapat menenangkan kulit yang meradang.
4. Mengangkat sel kulit mati
ADVERTISEMENT
Kandungan asam laktat yang terkandung dari produk olahan susu ini berguna untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Menggunakan yoghurt dapat membantu proses regenerasi kulit sehingga menjadikan kulit Anda lebih muda.
5. Mengatasi jerawat
Mengandung bahan pelembab alami, seringkali membuat Yoghurt menjadi bahan campuran untuk membuat masker wajah. Kandungan lactic acid yang ada dalam yoghurt berperan sebagai eksfoliator dan pembersih wajah alami. Olahan susu yang satu ini juga berfungsi anti-bakterial sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.
Cukup dengan mengoleskan yoghurt pada area yang berjerawat, pijat dengan lembut kemudian diamkan sekitar 15 menit dan bilas dengan air hingga bersih.
Yogurt mengandung bakteri baik (Foto: Thinkstock)
zoom-in-whitePerbesar
Yogurt mengandung bakteri baik (Foto: Thinkstock)
6. Mengurangi lingkar hitam di bawah mata
ADVERTISEMENT
Berkat kandungan zinc yang ada dalam yoghurt, terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit. Sehingga dapat mengurangi lingkaran hitam pada area di sekitar mata Anda. Cara mengaplikasikannya pun mudah, cukup oleskan yoghurt pada bagian bawah mata, pijat secara lembut, diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih. Pastikan Anda memilih plain yoghurt ya!
7. Pemutih gigi
Siapa sangka jika yoghurt juga dapat memutihkan gigi? Cukup dengan gosokkan sedikit yoghurt ke gigi Anda sehari sekali. Dalam beberapa minggu, gigi Anda akan tampak lebih putih. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfor dan kalsium dalam yoghurt. Selain itu, kandungan probiotik dalam yoghurt juga ampuh mengurangi bakteri pada gusi penyebab mulut beraroma tidak sedap.
ADVERTISEMENT