kumparan
search-gray
Woman12 Juli 2017 18:01

Abu-abu Toska atau Putih Pink? Warna Apa yang Anda Lihat?

Konten Redaksi kumparan
Netizen perdebatkan warna dalam foto ini
Netizen perdebatkan warna dalam foto ini. (Foto: Facebook)
Masih ingat kontroversi warna sebuah dress biru-hitam atau putih-emas yang sempat heboh di kalangan netizen tahun 2015 lalu? Kehebohan yang sama terjadi kembali. Kali ini netizen beradu argumen atas warna sebuah foto pakaian dan sandal. Abu-abu dan toska atau putih dan pink?
ADVERTISEMENT
Setelah melihat postingan di atas, para netizen mulai membanjiri komentar dalam foto tersebut. Beberapa berpendapat, pakaian dan sandal pada foto tersebut berwarna abu-abu dan toska, sementara sebagian netizen melihat warna putih dan pink dalam foto tersebut.
Postingan dalam akun Facebook Rachael Stewart ini sudah dibagikan lebih dari 1.300 kali dan dikomentari 852 orang. Beberapa berpendapat warna pakaian dan sandal dalam foto tersebut adalah pink dan putih, namun ada juga yang bilang abu-abu dan toska.
Seorang netizen bahkan mengunggah berbandingan foto saat tingkat kecerahannya dinaikkan dan menghasilkan warna yang terlihat berbeda.
Perdebatan Warna Baju
Netizen berdebat soal warna dalam foto ini. (Foto: Facebook)
Ilusi optik seperti ini bukan yang pertama kali terjadi dan menghebohkan netizen. Pada 2015, sebuah postingan tentang warna sebuah dress juga sempat menjadi perdebatan. Bahkan hingga saat ini, warna dress tersebut masih dijadikan bahan lelucon karena perdebatan yang terjadi.
ADVERTISEMENT
Dilansir independent.co.uk, tidak ada yang salah jika Anda melihat warna yang berbeda dari sebuah foto dan tidak juga harus diperdebatkan.
Warna yang dilihat oleh mata Anda adalah konsekuensi dari bagaimana mata Anda sudah dan terbiasa bekerja. Terutama saat melihat banyak warna di dunia yang terpapar cahaya matahari. Masalahnya hanya saat otak anda memproduksi informasi yang direkam oleh mata.
"Ada dua jenis sel di mata Anda, yang berfungsi untuk membantu otak melihat warna. Retina memiliki sel fotoreseptor ("rods" dan "cones") yang menerima cahaya yang digunakan untuk melihat warna," tulis independent.co.uk.
Cones sendiri bersifat kurang sensitif terhadap cahaya, namun digunakan untuk melihat warna. Jika Anda punya cones atau rod yang salah satunya lebih dominan, maka hasil warna yang dilihat pun akan berbeda.
ADVERTISEMENT
Sistem yang sama juga ditemukan di kamera, yang disebut dengan white balance. Sistem ini memungkinkan kamera melakukan hal yang sama dengan otak - menentukan apa yang harusnya berwarna putih, dan menyesuaikan warna yang sesuai pada gambar yang ditangkap lensa.
Jadi, warna apa yang Anda lihat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white