Woman16 Maret 2019 14:28

Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam

Konten Redaksi kumparan
Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam (55361)
Ilustrasi perempuan pipi tembam. Foto: Shutterstock
Pipi tembam, atau yang lebih dikenal dengan istilah pipi chubby terkadang jadi masalah bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, ketika sudah berusaha semaksimal mungkin untuk olahraga dan melakukan diet, namun penampilan pipi tampaknya tak kunjung berubah. Apa Anda pernah merasakan ini?
ADVERTISEMENT
Nyatanya, Anda tak bisa serta merta berharap 'mengecilkan' pipi tembam tanpa mengetahui alasan di balik pipi tembam tersebut.
Beberapa waktu lalu, dalam rangka hari ulang tahun Maharis Clinic yang ke-7 di Maharis Clinic, Jakarta Selatan, kumparan berkesempatan untuk mengobrol dengan salah satu dokter estetika Maharis Clinic, yaitu dr. Deon Kristian. Ia menjelaskan bahwa langkah atau treatment yang diambil untuk mengatasi pipi tembam bisa berbeda-beda.
Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam (55362)
dr. Deon Kristian, dokter kecantikan di Maharis Clinic. Foto: Gina Yustika Dimara/kumparan
"Jika ditanya treatment kecantikan untuk pipi tembam yang efektif apa, tentu kita harus bisa membedakan terlebih dahulu. Apakah pipi tembam ini karena tulang, otot, atau memang lemak. Karena ketiganya ini beda-beda treatment-nya," papar dr. Deon.
Jika pipi tampak tembam karena tulang yang besar, tentu itu tak bisa dilakukan dengan treatment kecantikan biasa. Jika berhubungan dengan struktur tulang, maka diperlukan tretment besar seperti operasi plastik dengan prosedur pembedahan.
ADVERTISEMENT
Namun apabila pipi tembam karena otot, maka bisa melakukan treatment suntik botox. Botox sendiri adalah protein yang dihasilkan oleh bakteri Clostridium Botulinum yang bekerja dengan cara menghambat sinyal saraf asetilkolin di dalam otot. Sehingga, selain untuk menghilangkan kerutan, botox juga akan merelaksasi otot.
Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam (55363)
Ilustrasi suntik botox. Foto: Shutterstock
"Ketika otot wajah rileks, ya otomatis kulit jadi lebih kencang dan tampilan wajah juga jadi lebih tirus," jelas dr. Deon.
"Otot di sekitar wajah ini memang bisa besar, sama seperti orang yang sedang fitness, jika dilatih terus, ya ototnya bisa membesar. Itulah sebabnya botox hadir untuk merilekskan otot di sekitar wajah," tambahnya,
Terakhir, pipi tembam karena lemak. Sebenarnya, jika pipi tembam karena lemak maka treatment-nya bisa beragam, disesuaikan dengan keinginan dari masing-masing orang.
ADVERTISEMENT
"Nah, ini bisa dihilangkan dengan menurunkan berat badan secara menyeluruh, atau kalau ingin lebih invasif dan praktis bisa melakukan sedot lemak atau suntik lemak," ungkap dokter yang berpraktik di Maharis Clinic ini.
Anda juga bisa melakukan olahraga wajah seperti facial yoga, olahraga kardio secara rutin, membiasakan tidur dengan posisi menghadap ke atas, mengurangi karbohidrat, dan masih banyak lagi. Jika lemak, memang diperlukan konsistensi dalam hal berdiet dan berolahraga.
Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam (55364)
Ilustrasi facial yoga. Foto: Shutterstock
Selain segala treatment di atas seperti suntik botox dan sedot lemak yang memang diperuntukkan untuk mengecilkan tampilan pipi tembam, terdapat beberapa treatment lainnya yang bisa membantu Anda mendapatkan tampilan pipi tirus.
Terutama, apabila botox masih menjadi langkah ekstrem bagi Anda, maka treatment kecantikan yang bertujuan untuk mengencangkan kulit bisa jadi pilihan alternatif. Dengan mengencangkan kulit, Anda akan mendapatkan keuntungan tambahan dengan tampilan pipi yang menirus.
ADVERTISEMENT
Perawatan mengencangkan kulit yang bisa membuat pipi tampak tirus
Berbagai Cara untuk Mengurangi Tampilan Pipi Tembam (55365)
Ilustrasi treatment HIFU. Foto: Shutterstock
Beberapa tahun belakangan ini, treatment mengencangkan kulit yang menghasilkan tampilan pipi lebih tirus juga tengah jadi treatment yang populer. Mulai dari perawatan di Maharis Clinic seperti Apollo Maximus, Ultheraphy, HIFU, dan treatment sejenis lainnya.
"Yang perlu digaris bawahi terlebih dahulu, perawatan seperti ini sebenernya berfungsi untuk mengencangkan kulit, bukan untuk mengecilkan lemak atau otot. Nah, otomatis kalau kulit lebih kencang, bentuk wajah juga jadi lebih tirus," jelasnya.
Perawatan non-invasif yang menggunakan gelombang ultrasound ini ditujukan untuk membantu pembentukan kolagen kulit yang punya peran untuk mengencangkan kulit. Jadi, perawatan-perawatan tersebut memang bisa membuat seseorang tampak lebih tirus.
Meski demikian, perawatan tersebut harus dilakukan secara rutin. Terutama jika seseorang memiliki base otot yang besar, maka tampilan wajah akan kembali seperti semula.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white