kumparan
5 Desember 2017 14:40

Cappuccino Kuning Telur, Kopi yang Tengah Menjadi Tren di New York

Cappuccino kuning telur
Cappuccino kuning telur (Foto: Youtube/ MICHELIN Guide US)
Apa jenis kopi favoritmu?
Jika cappuccino adalah pilihanmu, maka bagaimana cara kamu menikmati secangkir minuman khas Italia itu?
ADVERTISEMENT
Umumnya, secangkir capuccino akan disajikan dengan latte art yang menarik. Tapi, bagi kamu yang merasa bosan dengan sajian yang itu-itu saja, mungkin bisa mencoba menikmati secangkir cappuccino spesial di negeri Paman Sam.
Berbeda dengan sajian cappuccino yang telah ada selama ini, minuman yang terbuat dari espresso dan susu itu disajikan menarik dengan penambahan sebutir kuning telur mentah. Hmm..mungkin bagi sebagian orang, perpaduan ini adalah hal teraneh yang pernah mereka dengar.
Namun, perpaduan kuning telur dan kopi rupanya merupakan sebuah bentuk budaya ketimuran asal Korea Selatan yang telah ada sejak tahun 1960. Minuman kopi telur biasanya dinikmati di pagi hari, agar mereka lebih kenyang dengan menenggak minuman tersebut.
Hal inilah yang lantas membuat Ockhyeon Byeon, pria asal negeri Ginseng berinisiatif untuk menghadirkan menu unik tersebut di kafe miliknya, Round K. Dilansir The Kitchn, Ockhyeon, mengatakan jika dirinya ingin membawa sebuah budaya pada setiap minuman dan makanan yang disajikan di kafe yang berlokasi di New York itu.
ADVERTISEMENT
Meski menjadi hal yang baru bagi warga New York, namun Ockhyeon optimis jika perpaduan ini akan disukai oleh mereka yang baru pertama kali mencobanya.
"Awalnya ide ini muncul dari ayah saya yang mengatakan bahwa kopi telur sudah ada sejak lama di Korea. Dari sinilah, kemudian saya memutuskan untuk memilih cappuccino sebagai jenis kopi yang saya ingin gunakan," ungkap Ockhyeon.
Lebih lanjut, Ockhyeon mengatakan bahwa dirinya terlebih dahulu mempelajari budaya negara asalnya tersebut, sebelum secara resmi menyajikan cappuccino telur yang saat ini mulai dikenal masyarakat secara luas.
"Bahkan saya juga sempat terbang ke Italia untuk mempelajari latar belakang cappuccino, sehingga cappuccino yang saya sajikan benar-benar pas untuk dipadukan dengan kuning telur yang masih mentah," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Cappuccino ini dibuat dari kocokan kuning telur yang dituangkan ke dalam secangkir espresso hangat dan kemudian disajikan dengan topping whipped cream yang manis nan lembut. Taburan bubuk cocoa menjadi sentuhan akhir dari penyajian secangkir cappuccino telur ala Ockhyeon Byeon.
"Saya sangat fokus pada kualitas, serta rasa kopi yang dihasilkan, sehingga menyajikan minuman cappuccino telur terbaik yang bisa saya hidangkan," katanya.
Meski tak sedikit yang menganggap perpaduan ini aneh, namun sepertinya banyak juga yang penasaran dengan minuman unik ini. Apakah kamu juga penasaran dengan rasanya?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan