kumparan
24 Januari 2019 20:04

Daftar Kosmetik Halal di Indonesia yang Telah Disertifikasi MUI

KOSMETIK HALAL
Daftar Kosmetik Halal. (Foto: dok. Wardah, Safi, Sariayu, L'Oreal)
Meski kini semakin banyak kosmetik yang beredar di pasaran, namun kosmetik halal menjadi suatu kebutuhan utama yang selalu dicari para perempuan Muslim. Pasalnya, dengan mengenakan kosmetik halal, mereka tak perlu merasa khawatir dan bertanya-tanya apakah kosmetik tersebut aman digunakan atau tidak.
ADVERTISEMENT
Saat ini, istilah kosmetik halal sudah tidak asing lagi. Hampir semua produk kecantikan di Indonesia sudah menerima sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).
Definisi dari kosmetik halal sendiri adalah kosmetik dengan kandungan bahan-bahan yang sesuai menurut hukum Islam. Produknya harus dipastikan cruelty free atau tidak menggunakan bahan yang mengandung hewani dan tidak ada kandungan alkoholnya.
Di Indonesia, sejak tahun 2017 pemerintah awalnya hanya mengharuskan makanan saja yang dilabeli halal. Namun mulai 2018 dan 2019 peralatan mandi dan obat-obatan sudah harus disertifikasi oleh MUI.
Dalam hal ini, LPPOM MUI terus mengakomodir permintaan para konsumen yang ingin mencari tahu kosmetik apa saja yang bersertifikasi halal. Perlu dicatat, LPPOM MUI selalu mengalami perubahan daftar dari waktu ke waktu, mengingat sertifikasi tersebut hanya berlaku selama dua tahun dan kemudian harus dilakukan perpanjangan.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa saja kosmetik yang telah mendapat sertifikasi halal? Berikut kumparanSTYLE rangkum dari situs resmi LPPOM MUI:
1. Wardah Cosmetics
Wardah
Wardah Instaperfect Mattesetter Lip Matte Paint. (Foto: Dok. Wardah )
Brand kosmetik yang dinaungi oleh PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ini sudah menerima sertifikat halal sejak tahun 1998. Hal ini membuat Wardah menjadi pelopor kosmetik halal di Indonesia. Selain itu, PTI juga menaungi dua produk kecantikan lain yang juga sudah disertifikasi halal dari MUI, yaitu Make Over dan Emina.
2. Sariayu
Sudah berdiri hampir lima dekade, produk-produk kecantikan dari Sariayu baru mengantongi label halal pada tahun 2012 lalu. Selain itu, Sariayu juga menerapkan Sistem Jaminan Halal dengan grade A yang dikeluarkan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetik (LPPOM).
ADVERTISEMENT
3. By Lizzie Parra (BLP Beauty)
BLP Beauty
BLP Beauty rilis liptint terbaru (Foto: Intan Kemala Sari/kumparan)
Meski baru memasuki tahun ketiga, BLP Beauty sudah masuk dalam daftar kosmetik halal. Brand yang didirikan oleh beauty blogger Lizzie Parra ini sekarang juga tidak hanya memproduksi lipstik saja, tetapi juga merilis eyeliner, eyeshadow pen, eyebrow, dan bedak tabur.
4. Zoya Cosmetics
Awalnya, Zoya memang terkenal dengan produk hijabnya. Namun mereka telah melebarkan sayap hingga ke industri kecantikan. Sejak diluncurkan pada 2013, Zoya Cosmetics memang menyasar target perempuan Muslim telah menerima sertifikasi halal dari MUI.
5. ESQA
Esqa Cosmetics
Esqa Cosmetics (Foto: Esqa)
Menjadi produk lipstik Indonesia pertama yang masuk ke Sephora, ESQA terbukti telah memenuhi standar kualitas internasional dan sudah tersertifikasi halal. Selain itu, produk ini juga mengusung konsep vegan, ESQA 100% menggunakan bahan yang aman bagi kulit. Bebas paraben, gluten, triclosan, phthalates, dan sodium lauryl sulfate.
ADVERTISEMENT
6. Amara Halal Cosmetics
Amara merupakan produk kosmetik pertama yang mendapat sertifikasi halal di Amerika Serikat. Mereka menggunakan bahan-bahan alami dari tanaman, cruelty free dan tidak menggunakan alkohol. Amara tersedia dalam bentuk foundation, riasan mata, lipstik, dan cat kuku.
7. Safi
Safi
Safi (Foto: Stephanie Elia/kumparan)
Brand skincare asal Malaysia ini baru masuk ke Indonesia sejak Maret 2018. Karena tergolong dalam kosmetik halal, Safi mengantongi sertifikat dari dua negara berbeda. Yaitu jaminan halal dari JAKIM (Jabatan Kemajuan Islam Malaysia) dan MUI (Majelis Ulama Indonesia).
8. L’Oreal
Memperkuat jaringan bisnisnya hingga ke Indonesia, produk kecantikan dan perawatan asal Prancis ini telah menjadi brand yang memiliki sertifikasi halal. Tidak hanya di Indonesia, L’Oreal juga memastikan pabrik yang berproduksi di wilayah Asia Tenggara juga masuk dalam kategori halal. Sebagian besar produk di bawah merek Garnier, dari mulai sabun cuci muka hingga krim pemutih kulit, sudah dipastikan bersertifikat halal.
ADVERTISEMENT
9. ForestSecret
ForestSecret
ForestSecret (Foto: dok. ForestSecret)
Meskipun baru diumumkan pada tahun 2015, ternyata merek kosmetik herbal asal Singapura ini sudah mendapat sertifikasi halal dari MUI sejak Juni 2014. ForestSecret hadir dalam bentuk kosmetik, seperti blush on dan bedak two way cake. Kini ForestSecret bisa Anda dapatkan di 250 gerai di Indonesia.
10. Olive Natural Skincare
Olive Natural Skincare
Tiga Produk Andalan OLIVE Natural Skincare (Foto: Sephora)
Produk kecantikan dari New Zealand ini tergolong sangat baru di Indonesia. Mereka resmi menjual produknya di Sephora Indonesia sejak 12 Juli 2018. Mengusung konsep eco-friendly, Olive telah mendapatkan sertifikasi halal dari The Federation of Islamic Associations of New Zealand.
Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir karena OLIVE telah mendapatkan NATRUE Certification. Sebuah sertifikasi internasional yang mempromosikan standar transparan kosmetik alami dan organik yang menjamin tidak melakukan pengujian pada hewan (Cruelty free), tidak menggunakan bahan GMO (Genetically Modified Organism), tidak mengandung minyak silikon atau turunan dan tidak menggunakan pewarna atau wewangian sintetis.
ADVERTISEMENT
Tak hanya 10 produk di atas saja, ada banyak sekali produk kosmetik halal di Indonesia. Di antaranya adalah Beauty Story, Caring, Nivea, Mad for Lipstick, Polka Cosmetics, Purbasari, Mirabella, Fanbo, Silkygirl, LT Pro, PAC, Mustika Ratu, Moor's, Mineral Botanica, Marina, Mazaya, Pixy, VAL Cosmetics, ZAP Beauty, Sophie Paris, dan VIVA.
Bagaimana dengan Anda, sudahkah mengenakan kosmetik halal?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan