Woman
·
24 Maret 2017 14:03

Es Krim Hingga Waffles, 10 Olahan Bubuk Matcha yang Jadi Favorit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Es Krim Hingga Waffles, 10 Olahan Bubuk Matcha yang Jadi Favorit (321823)
searchPerbesar
Cupcake Matcha, salah satu kreasi matcha favorit (Foto: Instagram/@ilonaspassion)
Siapa yang tak suka matcha? Bubuk hijau yang berasal dari olahan daun teh hijau ini menjadi bahan paling favorit untuk dikreasikan ke dalam bentuk makanan dan minuman.
ADVERTISEMENT
Hampir semua kafe atau toko kue pasti menyertakan menu spesial berbahan matcha seperti Matcha Latte, Waffle Matcha, dan Matcha Macarons. Bubuk matcha akan terasa sangat lezat jika ditambah krim atau pun gula. Lantas, kreasi matcha apa saja yang paling disukai di seluruh dunia?
Berikut 10 kreasi matcha favorit yang mungkin bisa jadi inspirasimu:
1.  Matchamisu
Mungkin orang mengira bahwa olahan ini merupakan perpaduan antara matcha dan tiramisu, namun cake yang satu ini tidak mengandung unsur kopi, melainkan hanya disajikan layaknya tiramisu cake. Siapa yang tak tergoda jika ditawarkan segelas matcha sponge cake yang ditumpuk dengan krim matcha? Mendengarnya saja, sudah bikin lidah tak berhenti bercecap.  
Buat kamu yang tertarik, tak sulit membuat olahan ini. Kamu cukup membuat sponge cake yang ditambah sedikit bubuk matcha dan cetak di gelas kecil untuk ditumpuk dengan krim matcha, yang dibuat dari campuran krim dan bubuk matcha. Yummy!
ADVERTISEMENT
2. Matcha Crepes with Chocolate Ganache
Bosan dengan rasa crepes yang itu-itu saja? Kamu bisa membuat matcha crepes dengan topping chocolate ganache. Caranya mudah, kamu hanya perlu membuat adonan crepes biasa dan menambahkan sedikit bubuk matcha lalu mencetaknya di pan tipis.
Kemudian, sajikan dengan chocolate ganache yang terbuat dari coklat yang dimasak dengan krim. Kamu juga bisa menambahkan aneka kacang-kacangan atau buah untuk menambah gizi dari matcha crepes.
3. Coconut Matcha Latte
Pernah mencoba perpaduan bubuk matcha yang dicampur dengan coconut milk? Jika belum, kamu pun harus mencobanya! Coconut milk atau biasa disebut santan, kaya akan rasa manis dan gurih yang akan sangat sempurnah jika dicampur dengan bubuk matcha. Rasa creamy dari santan akan tercecap saat kamu menyesap Coconut Matcha Latte
ADVERTISEMENT
Ada dua pilihan untuk membuat minuman ini, bisa disajikan hangat atau dingin. Jika hangat, kamu bisa memasak santan dengan bubuk matcha sampai santan matang, tapi jangan dimasak sampai tekstur santan pecah. Atau kamu bisa menambahkan es batu untuk mendapatkan versi dingin dari minuman ini. 
4. Matcha Cream Puffs
Mungkin kamu lebih sering menyantap kue sus dengan krim custard dan coklat. Namun kini, sudah banyak toko kue yang menjual sus dengan isian krim matcha yang menggoda. Beragam adonan choux atau sus bisa kamu kreasikan dengan bubuk matcha. 
Seperti menambahkan bubuk matcha pada adonan choux atau hanya mengganti krim custard dengan krim matcha buatanmu sendiri. Tekstur kue sus yang lembut dipadukan dengan krim matcha yang nikmat bisa menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya. Yummy!
ADVERTISEMENT
5. Matcha Ice Cream
Matcha Ice Cream menjadi kreasi matcha yang paling populer di seluruh dunia. Tak ada negara yang tidak menjual es krim matcha termasuk Indonesia, dengan berbagai kreasi yang menggugah selera. Kini, kamu tak perlu pusing mencari es krim matcha terdekat jika sedang mendambakannya, karena kamu bisa membuatnya sendiri di rumah.
Caranya sangat mudah, cukup mencampur krim kocok dan bubuk matcha kemudian kamu bisa tambahkan susu kental manis untuk memperkuat rasa. Simpan didalam lemari es selama tiga sampai empat jam dan sajikan dengan saus coklat serta taburan kacang. 
6. Matcha Waffles
Pernah melihat waffles berwarna hijau? Jika iya, itu adalah matcha waffles. Bubuk matcha akan membuat setiap hidangan berubah warna menjadi hijau. Saat ini, hidangan yang satu ini menjadi hidangan wajib yang sering ditemukan di beberapa menu kafe. 
ADVERTISEMENT
Adonan waffles yang ditambahkan bubuk matcha akan menambah rasa dari waffles itu sendiri. Rasanya juga lebih nikmat jika disajikan dengan satu scoop es krim matcha yang dituang saus chocolate ganache
7. Matcha Macarons
Kue mungil berbentuk bulat dengan tekstur renyah dan lembut di bagian dalam ini menjadi salah satu kue yang paling sering dicampur dengan bubuk matcha. Matcha macarons akan ditemukan di setiap toko kue yang menjual macarons. 
Krim matcha sebagai isian dari macarons juga memperkuat rasa dan aroma dari kue asal Prancis ini. Berkat warnanya yang hijau pekat, banyak vlogger kuliner yang membuat kreasi Keroppi Matcha Macaron dengan tampilan yang sangat menggemaskan. 
8. Matcha Souffle
Souffle adalah kreasi bubuk matcha yang juga paling disukai. Terbukti dengan mudahnya menemukan resep Matcha Souffle di berbagai media sosial seperti Youtube.
ADVERTISEMENT
Pembuatannya mudah, hanya mengocok telur, susu, krim dan gula hingga mengembang. Kemudian, campurkan dengan tepung terigu dan bubuk matcha lalu panggang adonan di wadah piranti dan sajikan selagi souffle masih mengembang. Teksturnya yang fluffy, rasanya yang creamy, serta roma matcha yang menggoda membuat siapa saja ingin cepat-cepat menikmatinya.  
9. Matcha Cupcakes
Kreasi bubuk matcha selanjutnya adalah matcha cupcakes. Pembuatannya yang terbilang mudah membuat siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan seperti bahan untuk membuat cupcakes pada umumnya, hanya menambahkan sedikit bubuk matcha lalu mengaduknya sampai tercampur rata. 
Biasanya, matcha cupcakes diberi hiasan topping krim matcha yang lembut. Aroma matcha akan tercium saat kamu mengeluarkan cupcakes dari oven. Hmm..sangat menggugah!
ADVERTISEMENT
10. Matcha Mochi Ice Cream
Kue kenyal bertekstur lembut ini menjadi kreasi matcha terakhir yang paling disukai oleh kebanyakan orang. Seiring dengan kepopulerannya, saat ini sudah banyak gerai mochi atau kafe yang menyajikan hidangan Matcha Mochi Ice Cream.
Terdapat dua cara menikmati sajian ini. Pertama kamu bisa menikmatinya dalam bentuk beku. Tapi, jika kamu ingin menikmati dengan sensasi yang berbeda, kamu bisa menunggu sampai es krim cair. Ketika digigit, es krim pun akan meleleh secara sempurna.