kumparan
29 November 2017 15:54

Ini Cara Agar Bisa Liburan Sambil Tetap Kerja

Ilustrasi merencanakan liburan.
Ilustrasi merencanakan liburan. (Foto: Thinkstock)
Kalangan milenial lebih suka menghabiskan liburan mereka bukan hanya untuk sekadar liburan. Tetapi juga menyelipkan aktivitas bekerja di dalamnya. Mereka akan lebih memilih berlibur, tetapi tidak menghabiskan banyak waktu dan hanya akan menjalani perjalanan liburan ke beberapa tempat yang menantang.
ADVERTISEMENT
Sebuah studi yang dilakukan oleh projecttimeoff.com, berjudul "How the Millennial Experience Will Define America's Vacation Culture" menyebutkan sebanyak 48% kalangan milenial di seluruh dunia akan lebih memilih dipandang sebagai "gila kerja" dan tidak mengambil jatah liburan untuk memikat hati atasan mereka. Hal ini menyebabkan banyak kalangan milenial yang pergi berlibur, tetapi justru melakukan pekerjaannya di tempat liburan.
Selain menghabiskan waktu dengan sia-sia, hal tersebut juga menghilangkan dampak dari berlibur, yakni meningkatkan kesehatan mental, produktivitas, dan tingkat kebahagiaan. Alih-alih ingin menikmati tempat liburan, kamu justru hanya berpindah tempat kerja untuk beberapa waktu. Selain menghabiskan uang, hal tersebut juga menguras tenaga kamu, kan?
Menjelang akhir tahun dan kamu memutuskan untuk berlibur, berikut dua hal yang bisa kamu terapkan agar liburan dan pekerjaanmu bisa menyenangkan, seperti dikutip dari forbes.
ADVERTISEMENT
Hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan menetapkan waktu kerja saat liburan. Beberapa orang saat pergi liburan terbiasa menghabiskan pagi atau siang mereka dengan berada di depan laptop dan bekerja. Bahkan, tidak sedikit yang menghabiskan hari-hari libur mereka dengan bekerja.
Coba siasati dengan membuat jadwal liburan, seperti mengecek email satu kali setiap hari, di sore hari. Patuhi jadwal ini sepanjang kamu menjalani aktifitas berlibur. Tutup semua tab dan simpan dokumen pekerjaan di folder laptop kamu. Kemudian, nikmati masa berliburmu.
Hal lainnya adalah berkomunikasi dengan rekan kerja. Setelah memutuskan akan pergi berlibur, coba mengkomunikasikannya dengan rekan kerja. Beritahu kepada mereka bahwa kamu akan berlibur untuk beberapa hari. Bila ada urusan kantor yang mendesak, kamu bisa meminta teman agar mengabarkan kepadamu.
ADVERTISEMENT
Jadi, bila kamu kalangan milenial yang sedang berusaha mengatasi rasa bersalah akibat pergi berlibur, ceritakan saja kepada rekan kerja apa yang kamu inginkan dan rencanakan.
Mulai lah membangun hubungan yang sehat dengan pekerjaan dan cobalah menikmati hari-hari liburmu, guys!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan