kumparan
16 Juni 2017 15:32

Ini Dia 5 Bahasa Tersulit di Dunia, Mana yang Ingin Kamu Pelajari?

Mandarin, salah satu bahasa tersulit dunia (Foto: Thinkstock)
Hingga saat ini, bahasa asing apa saja yang kamu kuasai? Bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, Jepang, atau Korea?
ADVERTISEMENT
Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas California, menguasasi bahasa asing bisa mengurangi risiko kamu terkena demensia dan memperlambat pikun saat tua nanti, lho. Ini artinya, belajar bahasa asing punya segudang manfaat baik untuk otak kamu.
Selain berguna untuk kecerdasan otak, mampu berbahasa asing juga bisa mempermudah kamu saat travelling atau berlibur ke negara lain. Misalnya saja jika kamu sedang berlibur ke sejumlah negara di Eropa yang rata-rata menggunakan bahasa Inggris.
Atau saat berlibur ke Thailand, Jepang, dan Korea yang memiliki bahasa dan hurufnya masing-masing. Jika tak membekali diri (setidaknya bisa mengucapkan beberapa kata sederhana penunjuk arah), kamu bisa kesulitan jika tersesat di negeri orang.
Meski bahasa asing memegang peranan penting di era globalisasi ini, harus diakui bahwa tidaklah mudah untuk menguasainya dalam waktu singkat. Bahkan beberapa bahasa dinobatkan sebagai bahasa tersulit di dunia, lho.
ADVERTISEMENT
Ini dia daftarnya seperti dikutip kumparan dari English People!
1. Mandarin
Loading Instagram...
Kamu pasti sudah sering mendengar soal betapa sulitnya mempelajari dan memahami aksara China yang kompleks. Bagaimana tidak?
Dalam bahasa mandarin, satu suku kata yang sama bisa berbeda maknanya jika diucapkan dengan nada intonasi yang salah. Hal yang sama juga berlaku terhadap tulisannya.
Huruf mandarin juga bisa mengalami perbedaan makna jika ditulis dengan arah yang salah. Penarikan titik dan garis dalam bahasa mandarin amat penting dalam menentukan arti. Ditambah ribuan karakter huruf turut menjadikan mandarin sebagai bahasa tersulit di dunia.
2. Yunani
Loading Instagram...
Banyak yang bilang, banyak kata dalam bahasa Inggris merupakan serapan dari bahasa Yunani. Bahasa yang satu ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi karena setiap pengucapan dan penulisan suku kata bisa berbeda-beda, tergantung kepada siapa kita berbicara. Kosakata yang kita gunakan saat berbicara kepada lelaki dan perempuan juga dibedakan, lho.
ADVERTISEMENT
Bahasa Yunani juga memiliki alfabetnya sendiri, yang terdiri dari 24 huruf kuno yang sudah digunakan sejak abad ke-9 SM. Saking tuanya, bahasa Yunani disebut sebagai salah satu bahasa terkuno di dunia.
Loading Instagram...
Dengan melihat bentuk alfabetnya saja, kamu pasti langsung memahami alasan mengapa Yunani diklaim sebagai bahasa tersulit dunia.
3. Arab
Loading Instagram...
Kalau bahasa yang dipergunakan di sejumlah negara Timur Tengah ini, memiliki 13 tata bahasa yang digunakan dalam percakapan sehari-hari. Jika bahasa lainnya ditulis dari arah kiri ke kanan, bahasa Arab justru sebaliknya. Bahasa Arab dibaca dan ditulis dari belakang menuju ke depan.
Selain itu, bahasa Arab memiliki lebih dari 6 juta kosakata, dengan banyak sinonim dan homonim yang beragam. Hmm.. Tak heran bahasa Arab dianggap sebagai salah satu bahasa tersulit di dunia.
ADVERTISEMENT
4. Hungaria
Loading Instagram...
Banyak orang mengatakan bahwa Hungaria merupakan salah satu bahasa yang paling 'menantang' di dunia. Karena hampir setiap kosakata Hungaria selalu diikuti dengan bunyi 'sh', 'sz', 's', dan sebagainya.
Ada banyak jenis huruf vokal depan, belakang, dan campuran. Huruf vokal depan yang selalu digunakan adalah i, í, ö, ?, é, ü, ?, dan e. Sedangkan huruf belakang adalah ó, u, á, o, ú, dan a. Merasa bingung?
5. Hindi
Loading Instagram...
Bahasa yang digunakan sebagai bahasa ibu di India ini juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Lihat saja bentuk alfabet Devangri yang mampu bikin otak keriting! Bahasa Hindi juga memiliki sederet tata bahasa yang dibedakan berdasarkan gender. Juga ada bahasa formal dan kasual.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan