Woman13 Maret 2017 12:29

Jalan-jalan ke Hong Kong, Jangan Lupa Wisata Kuliner di 7 Restoran Ini

Konten Redaksi kumparan
Jalan-jalan ke Hong Kong, Jangan Lupa Wisata Kuliner di 7 Restoran Ini (193526)
Gudetama, karakter menjadi tema utama Dimsum Icon. (Foto: Instagram @girlswear)
Hong Kong, salah satu tujuan wisata paling populer di Asia menawarkan beragam objek wisata menakjubkan dan kuliner lezat yang patut dicoba. Dimsum, roast duck, egg tart, contoh kuliner khas Hong Kong yang sayang bila kamu lewatkan ketika sedang berada di kota yang terkenal dengan gedung-gedung pencakar langitnya yang indah. 
ADVERTISEMENT
Banyak tempat makan rekomendasi yang bisa kamu coba untuk menikmati sajian lezat khas kota yang menjadi pusatnya ekonomi Tiongkok. Berdasarkan data-data dari Hong Kong Tourism Board (HKTB), kumparan (kumparan.com) menghimpun sejumlah restoran yang sayang kalau dilewatkan saat kamu berlibur ke Hong Kong:
1. Ramen Ichiran
Terletak di Causeway Bay, Hong Kong rumah makan ramen yang paling terkenal seantero Hong Kong ini buka selama 24 jam. Butuh antre sekitar 1 jam untuk bisa menikmati seporsi ramen Ichiran yang melegenda. Ramen Ichiran yang ada di Hong Kong merupakan cabang dari Ramen Ichiran Tokyo, Jepang. Semua menu yang ada disini hanya ada menu ramen dan semua bahan yang digunakan dikirim langsung dari Jepang. 
ADVERTISEMENT
Perpaduan kuah gurih dan tekstur ramen yang lembut membuat siapapun ketagihan untuk mencobanya lagi. Pilihan aneka topping daging dan jamur ditawarkan disini. Dan yang uniknya ada tingkat kepedasan ramen yang bisa kamu coba, mulai dari level 1-10. Bagi yang suka pedas, kamu bisa memesan level 10 atau bahkan lebih dengan kena charge HK$ 10 atau Rp 17 ribu. Harga per porsi ramen basic tanpa topping dihargai HKD $88 atau sekitar Rp 150 ribuan. 
2. Dimsum Icon
Tsim Sha Tsui menjadi salah satu pusat turis di metropolitan Hong Kong. Kawasan ini tidak hanya menawarkan tempat perbelanjaan yang menjadi surga para shopaholic, juga menjadi pusat kuliner kota Hong Kong.
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin menikmati dimsum namun tidak mau yang itu-itu saja, kamu bisa datang ke Dimsum Icon yang berada di Tsim Sha Tsui, Kowloon, Hong Kong. Gudetama, salah satu karakter Sanrio yang sangat terkenal di Jepang menjadi tema utama dari tempat makan ini. 
Semua sajian dim sum dibentuk dengan karakter Gudetama yang sangat menggemaskan. Sebanyak 25 hidangan Gudetama disajikan di sini. Mulai dari dimsum Gudetama, bakpao Gudetama, cheese custard tart Gudetama dan masih banyak lagi.
Harga yang ditawarkan mulai dari HK$ 39, sekitar Rp 67 ribuan sampaiHK$ 69 atau sekitar Rp 115 ribuan. Hindari jam makan siang jika ingin berkunjung kesini, karena restoran selalu penuh. 
ADVERTISEMENT
3. Lord Stow's Bakery
Berlokasi di Macau, toko roti yang sudah terkenal di belahan negara Asia ini menghidangkan kudapan egg tart yang menggoda. Siapa sangka orang di balik pembuatan egg tart ini bukanlah orang Hong Kong melainkan Inggris.
Egg tart yang dijual di Lord Stow's Bakery berbeda dengan egg tart pada umumnya karena kulit pastry berbentuk mangkuk diisi dengan adonan crème brulee yang dikaramelisasi dengan topping gula yang menggugah selera. 
Andrew Stow, pemilik dari toko roti ini terinspirasi dari Pasteis de Nata asal Portugal sehingga ia membuat egg tart versi miliknya yang sajiannya mirip dengan egg tart khas Portugal. Satu buah egg tart dengan teksturnya yang renyah diluar dan lembut di dalam serta adonan crème brulee yang fluffy dapat kamu nikmati dengan harga MOP 10 atau sekitar Rp 16 ribuan. 
ADVERTISEMENT
4. Yung Kee Restaurant
Jika berkunjung ke Hong Kong jangan lupa untuk menikmati sajian bebek panggang yang menjadi hidangan paling terkenal asal Hong Kong. kumparan merekomendasikan tempat makan bebek panggang yang patut kamu coba. Restoran Yung Kee menjadi salah satu restoran di Hong Kong yang mendapat penghargaan Michelin Star. 
Restoran yang telah berdiri sejak 74 tahun yang lalu menyajikan hidagan daging angsa panggang yang nikmat. Daging angsa yang lembut serta bumbu khas restoran yang lezat bikin para penikmat hidangan ini ingin selalu kembali lagi ke restoran ini sekadar mencicipi hidangan angsa panggang yang menggugah.
5. Kam Wah Cafe
Berbeda dengan kafe pada umumnya, kafe di Hong Kong menyajikan teh sebagai menu utama di tiap kafe. Hong Kong Cafe atau dikenal dengan sebutan Cha Chaan Teng adalah kafe yang menghidangkan makanan ringan seperti roti panggang dan mi instan dan disajikan dengan segelas teh hangat.
ADVERTISEMENT
Kamu harus cepat-cepat menghabiskan makanan karena sudah banyak orang yang mengantre di luar kafe. Salah satu Cha Chaan Teng yang paling terkenal di Hong Kong adalah Kam Wah Cafe yang berlokasi di Mong Kok, Hong Kong. 
Kafe ini menyajikan Bo Lo Bao atau roti polo nanas yang lezat. Sebenarnya tidak ada unsur nanas dalam roti polo ini, namun karena teksturnya atasnya yang renyah yang seperti nanas maka dinamai dengan roti polo nanas. Bo Lo Bao disajikan polos dengan isian mentega di bagian dalam roti. Makin nikmat disantap dengan segelas teh susu hangat. Slurp!
6. Kau Kee Restaurant
Berkunjung ke Hong Kong tidak sah bila tak mencicipi seporsi mi brisket (daging sapi) yang gurih khas Hong Kong. Salah satu tempat untuk menikmati brisket adalah restoran Kau Kee yang terletak di Jalan Gough 21 Pusat Hong Kong.
ADVERTISEMENT
Restoran ini menyajikan dua kuah mie yang lezat, yaitu kuah bening yang gurih dan kuah kari dengan aroma yang menggoda. Tesktur daging brisket yang lembut dan rasanya yang lezat sayang untuk dilewatkan. 
Untuk menikmati dua sajian tersebut, kamu harus rela untuk mengantre sebentar. Seporsi mi brisket dihargai dengan  harga HK$ 40 atau sekitar Rp 60 ribuan. Murah bukan? Restoran ini buka hanya dari jam 12.30 sampai 22.30 dan akan tutup setiap hari minggu. 
7. Yee Hee Restaurant
Satu lagi yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Hong Kong, yaitu mencicipi hidangan seafood. Sajian seafood kukus sangat terkenal di Hong Kong. Jika kamu ingin mencicipi hidangan seafood kukus yang segar, kamu bisa mengunjungi pasar ikan Aberdeen yang berlokasi di jalan Shek Pai Wan 102, Aberdeen Hongkong. 
ADVERTISEMENT
Salah satu restoran yang ada di pasar ikan ini adalah Yee Hee Restaurant. Menu seafood kukus yang ada di tempat ini beragam dan kamu bisa memilih jenis seafood dan ikan yang ingin kamu makan. Daging seafood dan ikan dikukus dengan sempurna, teksturnya lembut dan diriam dengan saus yang terbuat dari kecap dan minyak wijen dan taburan irisan jahe dan daun bawang yang membuat aroma dari sajian seafood kukus sangat nikmat. 
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white