Woman
·
26 Mei 2017 17:25

Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442468)
Tips Agar Tidak Telat Saat Sahur (Foto: Thinkstock)
Ramadhan telah tiba. Umat Muslim bersuka cita menyabut bulan yang penuh rahmat ini. Salah satunya adalah menyiapkan menu makanan yang ingin disantap saat sahur, makan pagi sebelum menjalankan ibadah puasa.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, saat awal-awal puasa, banyak orang yang telat bangun atau kesiangan untuk melakukan sahur akibat belum terbiasa. Agar sahurmu tidak telat, yuk simak tips berikut ini!
1. Niatkan Bahwa Kamu Harus Bangun Sahur
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442469)
Niatkan kamu bangun Sahur. (Foto: Thinkstock)
Niat merupakan hal yang paling penting. Sebelum tidur, ada baiknya kamu meniatkan diri agar bangun saat sahur. Niatkan dalam hatimu untuk bangun pukul tiga atau empat pagi, karena itu akan membantu kamu untuk bangun tepat waktu. Jika kamu sudah memiliki niat yang baik, maka kamu akan bersungguh-sungguh untuk melakukannya.
2. Atur Alarm
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442470)
Atur Waktu Alarm Sahur (Foto: Thinkstock)
Selain niat, kamu harus mengatur waktu alarm terlebih dahulu. Setelah itu dekatkan alarm di tempat yang terjangkau dari posisi tidur kamu.
ADVERTISEMENT
Saat kamu mengatur alarma, ada baiknya kamu mengatur alarm 15 menit lebih awal dari waktu bangun sahur. Hal ini membantu agar mood kamu lebih baik saat makan sahur.
3. Maksimalkan Waktu Istirahat di Malam Hari
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442471)
Ilustrasi tidur (Foto: Thinkstock)
Hal utama yang membuat sahur kita telat adalah terjaga sampai larut malam. Jika tidak ada kesibukan usai salat tarawih, sebaiknya kamu langsung beristirahat agar sahur tidak terlambat. Usahakan untuk tidur kurang dari jam 10 malam. Karena, dengan tidur lebih awal setidaknya waktu tidurmu akan tercukupi.
4. Hindari Makan Berlebih Saat Berbuka Puasa
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442472)
Makan (Foto: Dan Gold)
Pastikan bahwa kamu tidak terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Makan terlalu banyak saat berbuka justru membuat kamu kesulitan untuk bangun pagi di keesokan harinya. Bahkan jika kamu makan terlalu banyak, hal itu akan membuatmu merasa sangat kenyang sehingga kamu menjadi malas untuk bangun sahur dengan anggapan kamu sudah kenyang.
ADVERTISEMENT
5. Salat Malam
Jangan Bablas Tidur, Ini 5 Tips Agar Kamu Tidak Telat Bangun Sahur (442473)
Salat Malam (Foto: Thinkstock)
Salat malam juga bisa menjadi tips agar kamu tidak terlambat bangun sahur. Bila kamu bangun lebih dulu sebelum alarm berbunyi, segeralah untuk mengambil air wudu dan lakukan salat malam. Air wudu bisa membuat kamu merasa lebih segar dan menghilangkan rasa kantuk.